Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid

Mega Febriani Sya

Abstract


Pengabdian masyarakat merupakan wujud dari tri dharma  Perguruan Tinggi.  Menyadarkan dan menumbuhkan minat membaca anak merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sekligus membentuk pribadi anak yang berkarakter.  Kesadaran masyarakat perlu ditumbuhkan dengan menularkan efek-efek positif dari kegiatan membaca.  Kegiatan membaca bisa dikatakan sebagai menelaah literatur, mengajak pembaca untuk memahami makna dari sebuah kalimat atau bacaan lengkap.  Karenanya kegiatan membaca dikemas dalam sebuah proses yang menyenangkan, menggembirakan, dan memiliki penanaman nilai karakter tauhid.  Apabila minat membaca sudah tumbuh di hati anak-anak, maka ini akan sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan dan akhlak generasi muda kedepan.  Inilah yang dilakukan dosen dan mahasiswa FKIP Universitas Djuanda di desa Cibadak, sebuah kegiatan Pengabdian masyarakat yang diharapkan mampu menjadi jembatan bagi masyarakat dalam menumbuhkan minat baca dan belajar pada anak juga merealisasikan kebutuhan pendidikan karakter dalam program pembangunan desa yang berbudaya dan berbudi pekerti. Program yang dilakukan adalah mengajak dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya meningkatkan minat baca terutama bagi generasi muda adan anak-anak, pendidikan karakter berbasis nilai tauhid diperkenalkan melalui program Teras Ilmu bagi masyarakat. Teras Ilmu dirancang agar bisa menarik dan mengundang minat anak untuk ikut serta dalam membaca bahkan menelaah literatur.  Program ini menitik beratkan pada penumbuhan minat baca dan belajar anak guna meningkatkan dan lebih mensejahterakan dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi, terbukti bahwa program Teras Ilmu yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat di Desa Cibadak selama satu bulan berhasil menumbuhkan minat baca anak, serta membentuk mempengaruhi pola bersikap sopan santun anak terhadap orang tua. Harapan kedepan atas terselenggaranya Teras Ilmu adalah untuk meningkatkan minat baca dan minat belajar juga meningkatkan karakter akhlakul karimah yang berada di lingkungan Kampung Cibadak dan menjadikan perubahan sebagai anak anak penerus Kampung Cibadak di sektor pendidikan.

Keywords


teras ilmu, minat membaca anak, karakter tauhid

Full Text:

PDF

References


Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 19(02), 227–252.

Toha, M., & Darmanto. (2001). Karakteristik dan Perilaku Manusia.

Yandini, E. I. (2019). Peran Perpustakaan Komunitas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

P-ISSN 2721-1541 | E-ISSN 2721-5113

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Kodepos 16720

Gedung G Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently

EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Copyright  2020 Universitas Djuanda