Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building)

Main Article Content

Irman Suherman
R. Siti Pupu Fauziah
Helmia Tasti Adri
Desky Halim Sujana
Rizkia Syafia Qalbi
Khairunnisa Nurzaini
Tuti Rahmawati

Abstract

Upaya peningkatakan kapasitas sekolah melalui pelatihan kepala sekolah dan guru sangat diperlukan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah dalam pengelolaan fasilitas sekolah serta peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah PTK. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan kepada kepala sekolah dan guru SD tentang pengelolaan fasilitas sekolah dan penulisan karya tulis ilmiah PTK. Kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah dalam pengelolaan fasilitas sekolah dan meingkatkan keterampilan guru dalam menyusun proposal PTK. Sehingga guru (peserta) dapat menyusun proposal PTK dengan baik dan benar.

Article Details

How to Cite
Suherman, I., R. Siti Pupu Fauziah, Helmia Tasti Adri, Desky Halim Sujana, Rizkia Syafia Qalbi, Khairunnisa Nurzaini, & Tuti Rahmawati. (2023). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7353
Section
Articles

References

Anugraheni, I. Faktor-faktor Kesulitas Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar; 2021. vol. 9 No. 1. hal.59-65

Crowther, F. Parallel Leadership: The Key to Successful School Capacity-building. Leading and Managing; 2010. 16(1). P-16–39. https://search.informit.org/doi/10.3316/informit.430646213333539

Dinham, S. and Crowther, F. "Sustainable school capacity building – one step back, two steps forward?", Journal of Educational Administration; 2011. Vol. 49 No. 6, pp. 616-623. https://doi.org/10.1108/09578231111186926

Dora Ho & Moosung Lee. Capacity building for school development: current problems and future challenges, School Leadership & Management; 2016. 36:5, 493-507, DOI: 10.1080/13632434.2016.1247040

Fitriani, et. al. Persepsi dan Kesulitas Guru Bahasa Inggris SMP dalam Penelitian Tindakan Kelas. Varia Humanika; 2020. Vol. 1, No. 2, 65-72.

Nabila, S., Saadah, H. & Suherman, I. Analisis Peran dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penjaminan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Penelitian Skripsi Mahasiswa tahun 2021.

Satori, D., Meirawan, D., & Komariah, A. (2013). Model Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah (School Capacity Building) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XVII, No.1, Hal. 184-192.

Suherman, I & Fauziah, S.P. Peningkatan Aksesbilitas Pendidikan Melalui School Capacity Building. Penelitian Mandiri Bersama mahasiswa tahun 2020