Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building)
Main Article Content
Abstract
Upaya peningkatakan kapasitas sekolah melalui pelatihan kepala sekolah dan guru sangat diperlukan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah dalam pengelolaan fasilitas sekolah serta peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah PTK. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan kepada kepala sekolah dan guru SD tentang pengelolaan fasilitas sekolah dan penulisan karya tulis ilmiah PTK. Kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah dalam pengelolaan fasilitas sekolah dan meingkatkan keterampilan guru dalam menyusun proposal PTK. Sehingga guru (peserta) dapat menyusun proposal PTK dengan baik dan benar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Anugraheni, I. Faktor-faktor Kesulitas Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar; 2021. vol. 9 No. 1. hal.59-65
Crowther, F. Parallel Leadership: The Key to Successful School Capacity-building. Leading and Managing; 2010. 16(1). P-16–39. https://search.informit.org/doi/10.3316/informit.430646213333539
Dinham, S. and Crowther, F. "Sustainable school capacity building – one step back, two steps forward?", Journal of Educational Administration; 2011. Vol. 49 No. 6, pp. 616-623. https://doi.org/10.1108/09578231111186926
Dora Ho & Moosung Lee. Capacity building for school development: current problems and future challenges, School Leadership & Management; 2016. 36:5, 493-507, DOI: 10.1080/13632434.2016.1247040
Fitriani, et. al. Persepsi dan Kesulitas Guru Bahasa Inggris SMP dalam Penelitian Tindakan Kelas. Varia Humanika; 2020. Vol. 1, No. 2, 65-72.
Nabila, S., Saadah, H. & Suherman, I. Analisis Peran dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penjaminan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Penelitian Skripsi Mahasiswa tahun 2021.
Satori, D., Meirawan, D., & Komariah, A. (2013). Model Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah (School Capacity Building) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XVII, No.1, Hal. 184-192.
Suherman, I & Fauziah, S.P. Peningkatan Aksesbilitas Pendidikan Melalui School Capacity Building. Penelitian Mandiri Bersama mahasiswa tahun 2020