Kreasi Kerajinan Tangan Daur Ulang Sampah Sedotan di Desa Sukamanah Kec. Megamendung Kab. Bogor

Main Article Content

Nazwa Kamila
Resti Yektyastuti

Abstract





Abstrak






Dalam pasal 20 ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan: “Perguruan tinggi berkewajiban mengadakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dasar inilah yang digunakan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam perwujudannya. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan merupakan suatu bagian dari Panca Dharma Universitas Djuanda Bogor. Mahasiswa adalah agen perubahan (agent of chance) yang akan melakukan perubahan-perubahan nyata secara dinamis kepada masyarakat sekitar, sesuai dengan tuntutan serta kebutuhan perkembangan zaman. Dengan diadakannya KKN diharapkan seorang mahasiswa semakin matang dengan disiplin keilmuannya, KKN pun merupakan kegiatan pengaplikasian dari teori-teori yang telah diproleh di bangku perkuliahan. Adapun dalam kegiatan KKN penulis melakukan pengabdian pada masyarkat dengan mengajak masyarakat mendaur ulang sampah yang dikelola dengan baik agar meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat. Mendaur ulang sampah plastik dengan sendirinya membantu pemerintah dalam mengelola sampah, apalagi pengelolaan dilakukan secara professional dan komersil, sehingga menjadi suatu usaha yang menguntungkan.Permasalahan sampah plastik di dunia sampai sekarang masih menjadi bahasan yang tidak pernah selesai.Sampah plastik dianggap sebagai salah satu masalah lingkungan hidup yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan.Bertambahnya jumlah sampah menyebabkan dampak yang cukup buruk kepada lingkungan.Bayangkan, apabila hal ini tidak ditangani maka bumi akan menjadi tempat tinggal yang terbentuk dari sampah dan barang tidak berguna.





Article Details

How to Cite
Kamila, N., & Yektyastuti, R. (2022). Kreasi Kerajinan Tangan Daur Ulang Sampah Sedotan di Desa Sukamanah Kec. Megamendung Kab. Bogor . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 163–166. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6243
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustian S, S., Safitri, M. D., & Fauzia, A. (2020). SOSIALISASI PENGURANGAN PENGGUNAAN SEDOTAN PLASTIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2), 122–130.

Harimurti, S. M., Rahayu, E. dewi, & Yuriandala, Y. (2020). Pengolahan Sampah Anorganik: Pengabdian Masyarakat Mahasiswa pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding PKM-CSR, 3(1). https://doi.org/10.37695/pkmcsr. v3i0.883

Hidayat, R., Luktiana, Y. F., & Anisa, R. (2021). PENDAMPINGAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI TAMBAH. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (PAKEM), 3(1), 151–158.