Peningkatan Literasi Baca Anak Melalui Pojok Literasi Dan Pengelolaan Perpustakaan Di Sdn Pasir Muncang 02

Main Article Content

Resti Yektyastuti
Annisa Mawardini
Dhea Amalia Novia
Nisa Assilmi Dewi
Adjie Ramdani

Abstract

Peningkatan literasi baca memiliki dampak langsung pada pencapaian tujuan pendidikan nasional. Literasi yang baik memberikan dasar yang kuat untuk pemahaman dalam berbagai mata pelajaran dan membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari pengabdia kepada Masyarakat ini untuk menciptakan lingkungan yang merangsang minat baca, menghadirkan kesenangan dalam membaca, dan memberikan dukungan bagi perkembangan literasi baca anak-anak di SDN Pasir Muncang 02 melalui pojok literasi dan pengelolaan perpustakaan. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menggunakan 4 tahap seperti refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukan Permasalahan yang dihadapi oleh SDN Pasir Muncang 02 dalam konteks literasi baca anak memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan pendidikan dan pertumbuhan intelektual siswa. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan pihak sekolah, kami mengidentifikasi beberapa permasalahan utama yang dihadapi mitra kami: Keterbatasan sumber daya alam (SDA) dan Bahan Bacaan yang Bermutu, Rendahnya Minat Baca Anak-anak, Keterbatasan Keterampilan Pengelolaan Perpustakaan.  Dengan penyediaan pojok literasi dan pengelolaan perpustakaan ini bisa menjadi sarana bagi anak-anak, dapat memfasilitasi mereka dalam menambah wawasan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku pelajaran, edukasi, ilmu pengetahuan umum dan sebagainya.

Article Details

How to Cite
Yektyastuti, R. ., Mawardini, A. ., Amalia Novia, D. ., Assilmi Dewi, N. ., & Ramdani, A. (2024). Peningkatan Literasi Baca Anak Melalui Pojok Literasi Dan Pengelolaan Perpustakaan Di Sdn Pasir Muncang 02 . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 22–33. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10409
Section
Articles

References

Aswat, H. N. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca Anak di Sekolah Dasar. ,. Jurnal Basicedu, 4(1), 70-78.

Apriani, An Nisa dan Aryani, Y. D. 2017. “Membangun Budaya Literasi Permulaan bagi Siswa SD Kelas Awal melalui Pop Up Book.”

Hidayatulloh, P. S. (2019). . Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. . Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. . Ecodunamika, , 3(2).

Kusumaningrum, D. E. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, , 2(3), 164-169.

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan,26(2), 116-123.

Tusadikyah, N. (2017). Pengelolaan perpustakaan dalam upaya peningkatan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang . (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wahyudi, H. R. (2021). Penyediaan Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo. . Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, , 1(45), 39–47.

Wulanjani, A. N. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. . Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Yektyastuti, R. R. (2023). Post-Pandemic Covid-19 Analysis: The Effect of Distance Learning Toward Learning Loss in Primary School. . AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2).