Rumah Pintar : Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Program Rumah Pintar merupakan program bimbingan belajar bagi siswa sekolah dasar di masa pandemic Covid-19 selama 2020. Rumah Pintar dirancang sebagai pusat sumber pembelajaran setelah kegiatan pembelajaran oleh pihak sekolah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan peserta didik dan membantu peserta didik pada Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan di Kampung Maleber dan Kampung Sudimampir, Desa Sukahami, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari bimbingan mata pelajaran matematika dan bimbingan membaca, menulis, dan berhitung (CALISTUNG). Kegiatan ini memberikan hasil berupa peningkatan pemahaman dan pengetahuan peserta didik akan pentingnya belajar meskipun fasilitas pembelajaran jarak jauh kurang mencukupi, membuhkan semangat belajar peserta didik untuk menimba ilmu dan menguasai kemampuan matematika dan CALISTUNG, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.
Article Details
How to Cite
Yektyastuti, R., Nuroniah, L., -, F., & Andiani, M. (2021). Rumah Pintar : Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3585
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
DAFTAR PUSTAKA
Ardiyanti, S., Marlenywati, Rahayu, H.M. (2019). Upaya Pengembangan Pendidikan Anak Melalui Kegiatan Rumah Pintar di Desa Sungai Mawang Kabupaten Sanggau. Jurnal SOLMA Vol 8 No.1, 5-13.
Armiatin, Septiwihartini, D., Gagaramusu, Y. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN No. 4 Pangalasiang Melalui Bimbingan Kerja Kelompok. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3 No 4, 200-214.
El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 161–174.
Huda, J. (20013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Optimalisasi Layanan Bimbingan Belajar Secara Kelompok Dan Individu. Vidya Karya Jurnal Kependidikan Vol 28 No.1.
Kemenkes. (2020). Dokumen resmi. Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115.
Marsuki, Rokhyanto, Listiani, W. (2017). IbM Kelompok Bimbingan Belajar Di Kelurahan Bandungrejosari Dan Bakalankrajan Kecamatan Sukun Malang Jawa Timur. JPM PAMBUDI Vol 1 No 1, 74-81.
Meidyna, F. G. (2018). Kontribusi keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik siswa kelas xii jurusan pemasaran di lbb epsilon gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol 7 No 3.
Nihayah. (2018). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Kejenuhan Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di SMAN I Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 12 No 1 53-64.
Nurhayati. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4 No. 10.
Pelaksanaan, P. (2014). Pengabdian masyarakat. 1–9.
Pengantar, K. (2011). DIREKTORAT PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Rumah, G., & Tresno, P. (n.d.). Gambar 1. Gedung Rumah Pintar Tresno Asih. 138–155.
Satria, A., & Hasanah, H. (2019). DESA TANGGUH COVID-19. 2019, 107–122.
Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Pembelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.
Surat Keputusan Mendiknas No. 107/U/2001 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh.
Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ).
Jim Upb, 7(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017), 57–68. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ardiyanti, S., Marlenywati, Rahayu, H.M. (2019). Upaya Pengembangan Pendidikan Anak Melalui Kegiatan Rumah Pintar di Desa Sungai Mawang Kabupaten Sanggau. Jurnal SOLMA Vol 8 No.1, 5-13.
Armiatin, Septiwihartini, D., Gagaramusu, Y. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN No. 4 Pangalasiang Melalui Bimbingan Kerja Kelompok. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3 No 4, 200-214.
El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 161–174.
Huda, J. (20013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Optimalisasi Layanan Bimbingan Belajar Secara Kelompok Dan Individu. Vidya Karya Jurnal Kependidikan Vol 28 No.1.
Kemenkes. (2020). Dokumen resmi. Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115.
Marsuki, Rokhyanto, Listiani, W. (2017). IbM Kelompok Bimbingan Belajar Di Kelurahan Bandungrejosari Dan Bakalankrajan Kecamatan Sukun Malang Jawa Timur. JPM PAMBUDI Vol 1 No 1, 74-81.
Meidyna, F. G. (2018). Kontribusi keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik siswa kelas xii jurusan pemasaran di lbb epsilon gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol 7 No 3.
Nihayah. (2018). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Kejenuhan Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di SMAN I Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam Vol 12 No 1 53-64.
Nurhayati. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 4 No. 10.
Pelaksanaan, P. (2014). Pengabdian masyarakat. 1–9.
Pengantar, K. (2011). DIREKTORAT PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Rumah, G., & Tresno, P. (n.d.). Gambar 1. Gedung Rumah Pintar Tresno Asih. 138–155.
Satria, A., & Hasanah, H. (2019). DESA TANGGUH COVID-19. 2019, 107–122.
Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Pembelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.
Surat Keputusan Mendiknas No. 107/U/2001 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh.
Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ).
Jim Upb, 7(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017), 57–68. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.