Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Pengembangan Psikologi Anak Era New Normal DI Desa Jaya Mekar Kota Sukabumi Jawa Barat
Main Article Content
Abstract
Keluarga merupakan sebuah lingkungan pendidikan informal, di dalam kelurga terdapat beberapa anggota, yaitu ayah, ibu dan anak yang akan menjadi satu kesatuan dalam membentuk sebuah hubungan yang terikat dalam pertalian darah. setiap anggota keluarga memiliki peran masing-masing, orang tua perlu menerapkan pola asuh yang baik, memberikan kasih sayang, juga mencukupi kebutuhan fisik maupun psikis. Pada periode awal tahun 2020 dunia sudah dikabarkan munculnya Corona Virus Disease yang mengakibatkan banyak perubahan sistem dalam berbagai aspek kehidupan, guncangan adanya Pandemi ini menyebabkan banyak orang merasakan kekhawatiran secara berlebihan, Overthinking, stress tingkat tinggi karena ketidakstabilan yang telah dialami. Salah satu yang perlu diperhatikan adanya kebijakan new normal , adalah anak-anak yang belum siap menghadapi situasi yang baru kali ini terjadi, bagaimana perubahan sistem ini menjadikan anak-anak belum terbiasa, segala aktivitas menjadi terbatas ruangnya, keinginan anak-anak untuk berinteraksi dengan teman bermainnya menjadi terhambat,. Kegiatan pengabdian yang dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua untuk memberikan peran terbaik bagi anak selama menjalani masa new normal. Berdasarkan dengan situasi tersebut, maka sebagai solusinya adalah membuat forum edukasi masyarakat dan ebook edukasi sebagai bahan untuk menambah wawasan bagi masyarakat yang ikut bergabung di forum edukasi. Dalam menjalankan kegiatan tersebut, ada beberapa tahapan dalam melakukan kegiatan tersebut di antaranya: 1). Membuat konsep tulisan yang akan dibagikan, 2). Mencari referensi yang sesuai dengan konsep yang dibuat, 3). Menyusun tulisan , 4). Membagikan ke forum edukasi masyarakat dan 5). Membuka forum diskusi untuk melihat respon dari masyarakat. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan beberapa responden untuk mengetahui secara langsung.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Apriliani, F. T. (2020). MODEL KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT PADA KEHIDUPAN NORMAL BARU. 2.
Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Hadis dan Psikologi Perkembangan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah, 16(1), 1–20.
Darmalaksanag, W. (2020). New Normal Perspektif Sunnah Nabi SAW. Diroyah, 19(1), 1–7.
Eryadini, N., Nafisah, D., & Sidi, A. (2020). Psikologi Belajar dalam Penerapan Distance Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(3), 163–168.
Hyoscyamina, D. E., & Dewi, K. S. (2012). Pengembangan Program Parenting bagi Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Positif dan Karakter Islami. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 30–46. Semarang: Universitas Diponegoro.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 270–286.
Maria, G. A. R. (2020). ADAPTASI KELOMPOK USIA PRODUKTIF SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE REALITY THERAPY. JURNAL KOLABORASI RESOLUSI KONFLIK, 2(2), 142–149.
Ramdhani, R. N., & Kiswanto, A. (2020). Urgensi Adaptabilitas dan Resiliensi Karier pada Masa Pandemi. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.30653/001.202042.135
Ulfa, K. (2015). PERAN KELUARGA MENURUT KONSEP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM. Al-Adyan, X(1), 123–140.