Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19

Ramdiani Nurohmah, Nurul Aini, Abdul Kholik, Novi Maryani

Abstract


Dengan adanya pandemi global virus Covid-19 kegiatan seminar pun bisa dilakukan secara online yang biasa dikenal dengan sebutan Webinar, serta menggunakan akses jaringan internet. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang belum diketahui, menjadi wawasan baru kepada setiap peserta workshop sesuai dengan minat dan bakat dalam bidang profesinya yang dimiliki oleh setiap anak. Metode yang digunakan webinar yang berjudul Bincang Bareng Keluarga Risman diakses melalui koneksi internet serta tatap muka dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pembelajaran daring dapat diberikan dalam bentuk webinar yang berisi penjelasan edukasi dan informasi mengenai suatu hal. Hambatan dalam menggunakan webinar ini terdapat pada koneksi internet, kegiatan ini dapat mendorong seorang siswa atau mahasiswa mengikuti pembelajaran yang berbasis digital dan bekerja serta belajar dari rumah.


Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.

Amran, A. (2015). Peranan agama dalam perubahan sosial masyarakat. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 23–39.

Ansor, M. (2014). Berbagi suami atas nama Tuhan: pengalaman keseharian perempuan dipoligami di Langsa. Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 14(1), 41–63.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98–106.

Franzak, J. K. (2006). Zoom: A review of the literature on marginalized adolescent readers, literacy theory, and policy implications. Review of Educational Research, 76(2), 209–248.

Hermawan, S., Purnomo, S., Sally, P., & Riesky, D. (2018). Menanamkan rasa peduli terhadap Lingkungan dimulai dari kecil. Petra Community Service, 3(2), 1–10.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Khobir, A. (2009). Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. In Forum Tarbiyah, 7(2), 197–208.

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal I-Afkar, 5(1), 80–105.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

Mefford, H. C., Sharp, A. J., Baker, C., Itsara, A., Jiang, Z., Buysse, K., ... & Collins, A. (2008). Recurrent rearrangements of chromosome 1q21. 1 and variable pediatric phenotypes. Journal of Medicine, 359(15), 1685–1699.

Mulyono, S., Ardianto, D. T., & Srisanto, E. (2017). Perancangan Video Tutorial Audio Dalam Mata Kuliah Audio Visual. Jurnal DKV Adiwarna, 10(1), 1–6.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72–78.

Olson, M. H., & Primps, S. B. (1984). Working at Home with Computers: Work and Nonwork Issues. Journal of Social Issues, 40(3), 97–112.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rahmani, R. P., & Hawadi, L. F. (2019). Strategi peningkatan pengetahuan ibu tentang penalaran induksi dalam pendisiplinan anak pra sekolah melalui seminar online. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 167–176.

Setyawati, N. (2020). Implementasi sanksi pidana bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah saat terjadinya pandemi COVID-19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 135–135.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61–70.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 20–28.

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

P-ISSN 2721-1541 | E-ISSN 2721-5113

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Kodepos 16720

Gedung G Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently

EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Copyright  2020 Universitas Djuanda