Dampak Kajian Keagamaan Kitab Akhlakul Lil Bannat Terhadap Akhlak Siswa Di TPA Miftahussa’adah Kampung Bendungan

Main Article Content

Siti Masitoh Humaira
Abdul Kholik

Abstract

Kitab Akhlakul Lil Bannat adalah salah satu kitab akhlak paling dasar untuk pembelajaran akhlak siswa atau santri yang baru belajar di Pondok Pesantren atau TPA, karena di dalam kitab ini menjelaskan beberapa akhlak yang pantas untuk ditiru dan dihindari oleh santri. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kajian keagamaan kitab Akhlakul Lilbanat di TPA Miftahussa’adah Kampung Bendungan menunjukan hasil bahwa program tersebut memberikan dampak dan pengaruh yang cukup besar bagi siswa/i terlihat dari perubahan sikap terhadap guru, teman dan lingkungan sekitar

Article Details

How to Cite
Humaira, S. M., & Kholik, A. . (2022). Dampak Kajian Keagamaan Kitab Akhlakul Lil Bannat Terhadap Akhlak Siswa Di TPA Miftahussa’adah Kampung Bendungan . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 73–79. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.5290
Section
Articles

References

Al-Abrasyi, M. (2003). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Djasuri. (1999). Metode Pengajaran Agama. Semarang. IAIN Wali Songo.

Khoir, U. N. U. (2014). Konsep Kepribadian Anak yang Shalihah dalam Kitab Al Akhlaq Lil Banat. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 251-276.

Mahmud, A. H. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Moelong, L. L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mufidah, N. (2017). Pengaruh Program Kajian Remaja Terhadap Akhlak Siswa Kepada Guru di SMP Negeri 2 Gemolong Tahun Ajaran 2015/2016. At-Tanbawi, 81-96.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed). Bandung: Alfabeta.

Sofiyah, K. (2020). Nilai-Nilai Karakter dalam Kitab Akhlak lil Banat Jilid 1 Karya Umar bin Achmad Baradja