Pembentukan Karakter Siswa Selama Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelurahan Pamoyanan

Main Article Content

Muhammad Ibnu Yasir
Syukri Indra

Abstract

Program pembentukan karakter siswa selama melakukan pembelajaran jarak jauh di Kelurahan Pamoyanan dilatarbelakangi oleh kondisi orang tua dan masyarakat di Kampung Lembur Situ yang kurang memperhatikan pendidikan karakter terhadap anak-anak, terutama selama diberlakukannya PJJ (pembelajaran jarak jauh), minimnya kesadaran untuk mengingatkan satu sama lain, sehingga sudah menjadi kebiasaan yang melekat di masyarakat dan sulit untuk merubah kebiasaan tersebut. Program ini bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak lebih baik dari sebelumnya. Kegiatan program terbagi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pembelajaran menggunakan metode motivasi saat pembelajaran dan pemberian contoh sikap. Bentuk motivasi saat pembelajaran berupa pemberian motivasi kepada anak-anak agar tetap semangat dalam belajar serta menanamkan karakter disela-sela pembelajaran berupa motivasi nasihat dll. Dan bentuk pemberian contoh sikap saat pembelajaran berupa memberikan contoh sikap sikap yang baik ketika berada di depan para peserta didik, seperti mengucap salam saat bertemu dan tidak menggunakan kata kata kasar saat berada diluar lingkungan pembelajar. Peserta program terdiri dari anak prasekolah, usia SD, dan SMP. Berdasarkan hasil dan evaluasi, program ini sudah cukup berhasil meningkatkan sikap sopan santun anak, walaupun masih belum bisa dikatakan program ini sudah sangat berhasil.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Ibnu Yasir, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Syukri Indra, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

Sofyan, Henninarto, dkk. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah. Imaji, VolA, N

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: PT. BinaAksara.

Sardiman, A.M. (1988). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM.

Tim Penyusun. (2011). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran
Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter
Bangsa, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Kemendiknas Kemendiknas.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & santoso, priyono. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.