Pembentukan Karakter Siswa Selama Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelurahan Pamoyanan
Main Article Content
Abstract
Program pembentukan karakter siswa selama melakukan pembelajaran jarak jauh di Kelurahan Pamoyanan dilatarbelakangi oleh kondisi orang tua dan masyarakat di Kampung Lembur Situ yang kurang memperhatikan pendidikan karakter terhadap anak-anak, terutama selama diberlakukannya PJJ (pembelajaran jarak jauh), minimnya kesadaran untuk mengingatkan satu sama lain, sehingga sudah menjadi kebiasaan yang melekat di masyarakat dan sulit untuk merubah kebiasaan tersebut. Program ini bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak lebih baik dari sebelumnya. Kegiatan program terbagi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pembelajaran menggunakan metode motivasi saat pembelajaran dan pemberian contoh sikap. Bentuk motivasi saat pembelajaran berupa pemberian motivasi kepada anak-anak agar tetap semangat dalam belajar serta menanamkan karakter disela-sela pembelajaran berupa motivasi nasihat dll. Dan bentuk pemberian contoh sikap saat pembelajaran berupa memberikan contoh sikap sikap yang baik ketika berada di depan para peserta didik, seperti mengucap salam saat bertemu dan tidak menggunakan kata kata kasar saat berada diluar lingkungan pembelajar. Peserta program terdiri dari anak prasekolah, usia SD, dan SMP. Berdasarkan hasil dan evaluasi, program ini sudah cukup berhasil meningkatkan sikap sopan santun anak, walaupun masih belum bisa dikatakan program ini sudah sangat berhasil.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Sofyan, Henninarto, dkk. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah. Imaji, VolA, N
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: PT. BinaAksara.
Sardiman, A.M. (1988). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.
Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM.
Tim Penyusun. (2011). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran
Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter
Bangsa, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Kemendiknas Kemendiknas.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & santoso, priyono. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.