Manajemen Sarana Prasarana Perpustakaan Desa Tanjungsari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor

Main Article Content

Syukri Indra
Nasirullah Fauzi
Yuni Agustiani
Ridwan Haris

Abstract





Pengabdian ini di latar belakangi oleh rendahnya budaya membaca, dan minat membaca anak di Desa Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kondisi tersebut kemudian melatar belakangi terbentuknya program pengabdian terhadap masyarakat pada bidang pendidikan dengan mengelola perpustakaan dan memberikan fasilitas perpustakaan di desa tersebut. Adapun tujuan adanya program pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan minat baca anak agar menjadi anak yang memiliki potensi dalam berliterasi juga untuk meningkatkan budaya membaca pada masyarakat Desa Tanjungsari. Dengan melakukan program ini terdapat ruang lingkup diantaranya perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penghapusan dan inventarisasi dengan hasil yang mencangkup pembuatan tata tertib, kartu anggota, mading, pencatatan daftar buku, buku daftar pengunjung dan lain-lain. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, presepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Dengan adanya program ini maka pengelolaan perpustakaan desa Tanjungsari akan terstruktur dan dapat meningkatkan motivasi anak dalam berliterasi khususnya terhadap buku.





Article Details

How to Cite
Indra, S., Fauzi, N., Agustiani, Y., & Ridwan Haris. (2023). Manajemen Sarana Prasarana Perpustakaan Desa Tanjungsari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 110–116. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.8681
Section
Articles

References

Meleong, J, Lexy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Maskun, Sumitro. 1994. Pembangunan masyarakat desa – asas, kebijakan, dan manajemen. Yogyakarta: Media Widya Mandala

Sujono Hs. 2006. Home Schooling dan peran perpustakaan dalam kosam Rimbarawa dan Supriyatno (ed). Aksentuasi Perpustaaan dan pustakawan, Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta bekerjasama dengan sagusng seto hal 305-316.

Elliot, J. 1982. Developing Hyphothesis about Classroom from Teachers Practical Contruct: An Account of the word of the ford Teaching frojeck. The action Research Reader. Geelong, Victori: Deakin University.