Peningkatan Minat Baca Melalui Pojok Baca di Kampung Balandongan
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14917Keywords:
Keterampilan Membaca, Minat Membaca, Pojok Baca, Sekolah DasarAbstract
Membaca merupakan keterampilan esensial dalam kehidupan sehari-hari, sehingga meningkatkan minat membaca sejak sekolah dasar sangatlah penting. Berdasarkan survei kegiatan tematik program pengabdian masyarakat di Desa Balandongan, Desa Sukamaju, ditemukan adanya minat untuk meningkatkan aktivitas membaca. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membangun pojok baca guna meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak. Metode pengumpulan data pengabdian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil program ini menunjukkan bahwa pembuatan pojok baca dapat memberikan kontribusi positif terhadap minat baca anak-anak dan masyarakat sekitar. Meskipun pojok baca ini sederhana, penataan buku yang baik mampu menciptakan lingkungan membaca yang nyaman. Adanya pojok baca di Kampung Balandongan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, membantu anak-anak mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan mengurangi ketergantungan pada gadget.
References
Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40-50.
Aulia, I., Khoirunnisa, Z., & Hardiansyah, H. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 5 SDQ Al Muwaffaq Melalui Metode Kaca (Kamis Baca). Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2).
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i
572
Hidayati, H., Ilham, I., Rahmaniah, R., Irwandi, I., Hudri, M., Zainudin, M., ... & Turangga, A. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Sebagai Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Di Sdn Ii Keru. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2972-2977.
Islam, N. F., & Adela, D. (2023). Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Sawahlega. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2762 - 2769. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.587
Jayanti, L. S. S. W., & Wibawa, K. S. (2024). Menumbuhkan Minat Baca Melalui Pop Up Book. Uwais Inspirasi Indonesia.
Maulidiawati, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2019). Pengaruh Kelancaran Membaca Teks Eksposisi Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Kelas Iii Sd. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2).
Oktaviani, R., Iqbal, M., Suherman, I., &
Sya, M. F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 73–80.
https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i
6623
Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33292/ocsj.v2i2.41
Ratmono, D. S. E., & IP, S. (2019). Konsep dan Perencanaan Pojok Baca Ombudsman Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Pengetahuan Masyarakat di Indonesia Terhadap Ombudsman RI. Madika: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 30-41.
Sana, N. N., Aprilia, R. Y., Putri, N. F., Oktavianti, D. M. P., Rizkiah, S. N., Azzahra, N., & Prasetyo, T. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Anak-Anak Putus Sekolah Melalui Sekolah Paket Di Desa Kuta. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 55-61.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International
Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaks anaa/pengertian-use-casea7e576e1b6bf
Widiyaningsih, D., Hermaini, A. K., & Setyowati, R. (2023). Peran Orang Tua Dan Guru Dengan Pencegahan Perilaku Merokok Siswa Smp N 1 Banguntapan Bantul. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen, 16(1), 14-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).