Program Pondok Ceria Sarana Belajar Menyenangkan Anak-Anak Kampung Pancawati Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
Main Article Content
Abstract
KKN pada tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan KKN sebelumnya, dikarenakan pandemi covid-19 yang belum juga usai maka KKN dilaksanakan individu dan pada tempat tinggal masing-masing mahasiswa dengan tema Pemberdayaan pengetahuan melalui program kuliah kerja nyata berbasis adaptasi kebiasaan baru (KKN AKB) untuk mewujudkan merdeka belajar yang menyatu dalam tauhid melalui penyelenggaraan Program pondok ceria yang bertempat di Kampung Pancawati RW 13 Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor dengan berbagai macam kegiatan didalamnya guna menunjang merdeka belajar anak-anak dan menambah pengetahuan mereka pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, diantara kegiatannya yakni: Literasi baca, one day one hadits (pemberian dan pemahaman hadits-hadits shohih), language in love ( pembelajaran bahasa Arab dan Inggris), ice breaking and games (menyajikan nyanian serta permainan dan quis), Membuat prakarya( kerajinan-kerajinan dari limbah kain, origami dan bahan alam). Sabtu minggu sehat (olahraga dan senam pagi). Program ini dapat menunjang terciptanya merdeka belajar anak-anak kampung meskipun pada keterbatasan masa adaptasi kebiasaan baru ini.
Article Details
How to Cite
Amaliah, S., & Prasetyo, T. (2021). Program Pondok Ceria Sarana Belajar Menyenangkan Anak-Anak Kampung Pancawati Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3614
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
DAFTAR PUSTAKA
Basalamah, M. R., & Rizal, M. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36-42.
Dwiyantoro, D. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19-32.
Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen sumber daya pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana, S. (2020). Edukasi protokol kesehatan dan strategi pemasaran online melalui program kemitraan masyarakat di era pandemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 655-662.
Nanang, F. (2013). Analisis Kebijakan. Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 159-168.
Perundang-Undangan, H. P. (2013). Undang-undang sisdiknas. Bandung: Fokus Media.
Prasetyo, T. (2017). Improving the quality of islamic education through the role of students. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 35-42.
Rabbiyanti, E. N. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Exelentia Pamekasan Madura. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 83-102.
Basalamah, M. R., & Rizal, M. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36-42.
Dwiyantoro, D. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19-32.
Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen sumber daya pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana, S. (2020). Edukasi protokol kesehatan dan strategi pemasaran online melalui program kemitraan masyarakat di era pandemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 655-662.
Nanang, F. (2013). Analisis Kebijakan. Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 159-168.
Perundang-Undangan, H. P. (2013). Undang-undang sisdiknas. Bandung: Fokus Media.
Prasetyo, T. (2017). Improving the quality of islamic education through the role of students. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 35-42.
Rabbiyanti, E. N. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Exelentia Pamekasan Madura. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 83-102.