Program Pondok Ceria Sarana Belajar Menyenangkan Anak-Anak Kampung Pancawati Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Main Article Content

Sita Amaliah
Teguh Prasetyo

Abstract

KKN pada tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan KKN sebelumnya, dikarenakan pandemi covid-19 yang belum juga usai maka KKN dilaksanakan individu dan pada tempat tinggal masing-masing mahasiswa dengan tema Pemberdayaan pengetahuan melalui program kuliah kerja nyata berbasis adaptasi kebiasaan baru (KKN AKB) untuk mewujudkan merdeka belajar yang menyatu dalam tauhid melalui penyelenggaraan Program pondok ceria yang bertempat di Kampung Pancawati RW 13 Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor dengan berbagai macam kegiatan didalamnya guna menunjang merdeka belajar anak-anak dan menambah pengetahuan mereka pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, diantara kegiatannya yakni: Literasi baca, one day one hadits (pemberian dan pemahaman hadits-hadits shohih), language in love ( pembelajaran bahasa Arab dan Inggris), ice breaking and games (menyajikan nyanian serta permainan dan quis), Membuat prakarya( kerajinan-kerajinan dari limbah kain, origami dan bahan alam). Sabtu minggu sehat (olahraga dan senam pagi). Program ini dapat menunjang terciptanya merdeka belajar anak-anak kampung meskipun pada keterbatasan masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Sita Amaliah, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Teguh Prasetyo, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

Basalamah, M. R., & Rizal, M. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36-42.

Dwiyantoro, D. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19-32.

Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen sumber daya pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana, S. (2020). Edukasi protokol kesehatan dan strategi pemasaran online melalui program kemitraan masyarakat di era pandemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 655-662.

Nanang, F. (2013). Analisis Kebijakan. Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 159-168.

Perundang-Undangan, H. P. (2013). Undang-undang sisdiknas. Bandung: Fokus Media.

Prasetyo, T. (2017). Improving the quality of islamic education through the role of students. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 35-42.

Rabbiyanti, E. N. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Exelentia Pamekasan Madura. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 83-102.