Penggunaan Media Papan Hitung dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SDN Tarikolot 4

Authors

  • Diva Syakira Nurisma Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda
  • Naira Syahrin Universitas Djuanda
  • Syifa Fauzia Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13470

Keywords:

Keaktifan belajar, media pembelajaran, papan hitung

Abstract

Keaktifan memiliki peran krusial dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, yang dimana pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila siswa dapat terlibat aktif dalam setiap prosesnya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui demonstrasi, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya penggunaan media papan hitung pintar ini keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran semakin meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini media pembelajaran papan hitung dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan dengan benda konkret.

References

Adnan, G., Rukminingsih, & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Azzahra, S., & Febriani Sya, M. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338.

Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak USIA 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra, 10(3), 468–

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal

Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/https://doi.org/1 0.22437/gentala.v3i2.6751

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2), 140–147.

Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.

Maghfi, Ulfah, N., & Suyadi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Papan Pintar (Smart Board). SELING:

Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170.

Nurfianti, Adri, D., & Rahmalia, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Papan Waktu pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 35–44.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/https://doi.org/1 0.31004/basicedu.v5i4.991

Putri, & Radianing, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Efikasi Diri. (Doctoral Dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Rusman, Maftukhin, A., & Nurhidayati. (2012). Pemanfaatan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1). https://jurnal.umpwr.ac.id/index. php/radiasi/article/view/386/25 8

Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.

Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remadja Rosdakarya

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Nurisma, D. S., Sya, M. F., Syahrin, N., & Fauzia, S. . (2024). Penggunaan Media Papan Hitung dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SDN Tarikolot 4. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 125–131. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13470