Penggunaan Media Papan Hitung dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SDN Tarikolot 4
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13470Keywords:
Keaktifan belajar, media pembelajaran, papan hitungAbstract
Keaktifan memiliki peran krusial dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, yang dimana pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila siswa dapat terlibat aktif dalam setiap prosesnya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui demonstrasi, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya penggunaan media papan hitung pintar ini keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran semakin meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini media pembelajaran papan hitung dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan dengan benda konkret.
References
Adnan, G., Rukminingsih, & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Azzahra, S., & Febriani Sya, M. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338.
Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak USIA 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra, 10(3), 468–
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal
Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/https://doi.org/1 0.22437/gentala.v3i2.6751
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2), 140–147.
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.
Maghfi, Ulfah, N., & Suyadi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Papan Pintar (Smart Board). SELING:
Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170.
Nurfianti, Adri, D., & Rahmalia, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Papan Waktu pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 35–44.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/https://doi.org/1 0.31004/basicedu.v5i4.991
Putri, & Radianing, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Efikasi Diri. (Doctoral Dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Rusman, Maftukhin, A., & Nurhidayati. (2012). Pemanfaatan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1). https://jurnal.umpwr.ac.id/index. php/radiasi/article/view/386/25 8
Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.
Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remadja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).