Menumbuhkan Budaya Calistung Melalui Pendampingan Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Tamhidiyah
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13467Keywords:
Pendampingan Belajar, Pendidikan, Media belajarAbstract
Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa adalah membaca, menulis dan berhitung. Namun cendurung saat ini masih banyak siswa yang memiliki hambatan dalam belajar terutama dalam membaca, menulis dan berhitung permasalahan tersebut salah satunya terjadi di MIS Tamhidiyah yang berada di Desa Cimande Hilir, terdapat beberapa siswa yang belum mahir dalam membaca, menulis dan berhitung yang terdiri dari kelas 1 hingga kelas 5. Hal tersebut terjadi karena faktor dari dukungan keluarga, kemampuan akademik siswa dan kurangnya inovasi pembelajaran yang ada di sekolah tersebut. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami materi dasar pembelajaran yaitu melaksanakan kegiatan pendampingan belajar calistung dengan berbantuan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Metode kegiatan ini dilaksanakan dengan 4 tahap, yaitu tahap pengamatan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan belajar ini yaitu siswa sudah bisa membedakan huruf abjad, menyusun abjad dengan benar, membaca melalui pengenalan kosa kata serta berhitung. Karena penggunaan media calistung yang inovatif serta metode pembelajaran yang digunakan sangat menarik perhatian siswa untuk belajar. Dapat disimpulkan kegiatan pendampingan belajar ini sangat membantu siswa dalam proses belajar yaitu dengan meningkatnya antusias siswa dalam mengikuti pendampingan belajar yang berdampak baik pada pembelajaran, selain itu juga sangat membantu guru dengan adanya media pembelajaran yang digunakan pada saat pendampingan belajar.
References
Agustina, L., Arffianto. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2
.10771
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237-247.
Fakhriyah Azzahra, R., Nugraha, E. (2021). Pengembangan Media Upinca (Ular Pintar Ceria) Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan
Dasar,13(2),151-166.
Lestari, N, Jalalatul Farokhah. (2023). Pendampingan Belajar Baca Tulis Hitung (Calistung) Siswa Kelas 1 Melalui Fun Learning Dan Individualized Educational Program Di Mi Ma’arif Depokrejo Kebumen. Jurnal
Pengabdian Mayarakat, 2(2), 39-47.
https://doi.org/10.1234/jurnal
Mayadiana Suwarma, D., Munir. (2023). Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.
Nabila Azzahro, A., Adila Rahmah, D., Nur Maziyah. (2023). Pendampingan bimbingan Belajar untuk mengatasi kesulitan Belajar Operasi Hitungmelalui Teka-Teki Silang. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 423-431.
Pitriyana, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Calistung sebagai Upaya Menumbuh kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini. Communnity Development Journal, 4(3), 6255–6259.
Putri, C. K., & Koeswanti, H. D. (2022). Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 236–248
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).