PENGEMBANGAN MEDIA MIKO PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SEJARAH PAHLAWAN DI KELAS IV

Main Article Content

Widiya Septiyani
Resti Yektyastuti

Abstract





Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa media MIKO (Komik Kepo) pada mata pelajaran IPS materi sejarah pahlawan untuk kelas IV SD dengan menganalisa kelayakan dari media pembelajaran IPS berbasis komik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Penelitian dengan pengembangan yang dilakukan ini memakai model pengembangan 4D dengan melakukan empat tahapannya yaitu: 1) Define, 2) Desain, 3) Develop, 4) Disseminate. Subjek coba produk ini dilakukan terhadap ahli media, ahli materi, 4 guru kelas dan 30 orang siswa kelas IV dengan analisis teknik penelitian menggunakan kuantitatif serta kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi,wawancara,dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul berupa hasil penilaian tentang kualitas produk dan saran revisi produk. Hasil dari penilaian media MIKO yang dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 4 guru, dan 30 siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa media MIKO layak digunakan untuk media pembelajaran. Penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata persentase 85% masuk kedalam kategori sangat baik, penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata persentase 84% masuk kedalam kategori baik, penilaian oleh 4 guru kelas memperoleh rata-rata persentase 98,5% masuk kedalam kategori sangat baik, dan media MIKO juga di uji cobakan terhadap 30 siswa kelas IV mendapatkan rata-rata persentase 99%  masuk kedalam kategori sangat baik. Penelitian dan pengembangan yang sudah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa media MIKO materi sejarah pahlawan Ki Hajar Dewantara di Kelas IV yang dikembangkan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan kategori sangat baik menurut ahli materi, baik menurut ahli media, sangat baik menurut guru dan siswa.


 





Article Details

How to Cite
Septiyani, W., & Resti Yektyastuti. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA MIKO PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SEJARAH PAHLAWAN DI KELAS IV . AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(1), 37–47. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8158
Section
Articles

References

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 61–72.

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 159 (2003).

Salahuddin, Wijaya, V., & Sriwahyuni. (2018). Pengembangan Media Komik sebagai Alternatif Bahan Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar ( SD ) Kabupaten Sambas. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian VII, 156–162.

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–72.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 25). Alfabeta.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Journal of School Psychology (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289