Hubungan Kreativitas Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Agustina Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Latar belakang permasalahan
penelitian ini di SDN Cipayung 07 Kabupaten Bogor yakni kurangnya pembelajaran yang dapat menumbuhkan
kreativitas siswa di kelas dan kurangnya bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak. Kreativitas dan bimbingan orang tua menggunakan instrumen angket serta hasil belajar siswa menggunakan nilai yang diperoleh dari hasil karya seni rupa mozaik dan kolase. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional ganda. Data dianalisis menggunakan teknik analisis koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi dan uji signifikansi untuk melihat hubungan yang signifikan dengan jumlah sampel penelitian 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (14,402 > 3,28), maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi ganda antara variabel X1, X2, dan Y diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,683 , maka dapat diartikan bahwa derajat hubungan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori hubungan sedang atau cukup. Hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa tergolong memiliki hubungan signifikan sebesar 46,6%.

Article Details

How to Cite
Agustina, A. (2022). Hubungan Kreativitas Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 260–268. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6787
Section
Articles

References

Handoyo, Ari. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, Vol. 4 (2018).

Muhidin Sambas Ali, & Abdurahman Maman. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian Bandung: CV Pustaka Setia.

Mulyani Novi. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subur, Johan. (2013). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Di Kelas. Jurnal UPI, Vol. 13 (2013).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Wirawan, dkk. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, Vol. 2 (2018)

-169.