ANALISIS POLA INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN BABAKAN DRAMAGA 04

Authors

  • Riska Amalia a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Djuanda Bogor ";}
  • Megan Asri Humaira
  • Wiworo Retnadi Rias Hayu

Keywords:

Bentuk Interaksi, Bentuk Komunikasi, Interaksi Sosial, , Komunikasi Teman Sebaya, dan Pola Interaksi.

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yaitu berkeinginan untuk dapat memiliki sebuah hubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang erat hubungannya antara individu dengan individu, antar kelompok dan juga individu dengan suatu kelompok. Suatu interaksi pada prosesnya didasari oleh berbagai aspek seperti meniru, memberikan suatu pandangan terhadap orang lain lalu diterima, memiliki keinginan untuk mirip dan juga rasa ketertarikan terhadap orang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi siswa selama berada di sekolah, untuk mengetahui komunikasi antar teman sebaya dan untuk mengetahui pola interaksi teman sebaya pada kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Model fenomenologi mengarahkan terhadap suatu pengalaman seorang individu yang menjalani secara langsung suatu fenomena dan tidak menggunakan media perantara. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik yaitu menggunakan berbagai metode dalam mengumpulkan data agar dapat menganalisa sebuah kejadian yang saling berhubungan. Peneliti memperoleh hasil penelitian yaitu interaksi siswa selama di sekolah, komunikasi antar teman sebaya yang paling dominan dan pola interaksi siswa yang terjadi selama di dalam kelas. Kesimpulan dari penelitian ini (1) interaksi sosial siswa di sekolah adalah siswa saling menegur, menyapa teman dari kelas lainnya dan saling berkompetisi dalam bidang akademik maupun non akademik; (2) komunikasi teman sebaya yang dominan adalah bentuk dialog; (3) pola interaksi teman sebaya yang dominan di dalam kelas adalah aspek kerjasama.

References

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Pranata, R. H., & Hartati, U. (2017). Interaksi Sosial Suku Sunda dengan Suku Jawa(Kajian Akulturasi dan Akomodasi di Desa Buko Poso, Kabupaten Mesuji. Jurnal Swarnadwipa, 179-190.

Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Amalia, R., Megan Asri Humaira, & Wiworo Retnadi Rias Hayu. (2022). ANALISIS POLA INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN BABAKAN DRAMAGA 04. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6617

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 37 times