ANALISIS POLA INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN BABAKAN DRAMAGA 04
Keywords:
Bentuk Interaksi, Bentuk Komunikasi, Interaksi Sosial, , Komunikasi Teman Sebaya, dan Pola Interaksi.Abstract
Manusia merupakan makhluk sosial yaitu berkeinginan untuk dapat memiliki sebuah hubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang erat hubungannya antara individu dengan individu, antar kelompok dan juga individu dengan suatu kelompok. Suatu interaksi pada prosesnya didasari oleh berbagai aspek seperti meniru, memberikan suatu pandangan terhadap orang lain lalu diterima, memiliki keinginan untuk mirip dan juga rasa ketertarikan terhadap orang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi siswa selama berada di sekolah, untuk mengetahui komunikasi antar teman sebaya dan untuk mengetahui pola interaksi teman sebaya pada kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Model fenomenologi mengarahkan terhadap suatu pengalaman seorang individu yang menjalani secara langsung suatu fenomena dan tidak menggunakan media perantara. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik yaitu menggunakan berbagai metode dalam mengumpulkan data agar dapat menganalisa sebuah kejadian yang saling berhubungan. Peneliti memperoleh hasil penelitian yaitu interaksi siswa selama di sekolah, komunikasi antar teman sebaya yang paling dominan dan pola interaksi siswa yang terjadi selama di dalam kelas. Kesimpulan dari penelitian ini (1) interaksi sosial siswa di sekolah adalah siswa saling menegur, menyapa teman dari kelas lainnya dan saling berkompetisi dalam bidang akademik maupun non akademik; (2) komunikasi teman sebaya yang dominan adalah bentuk dialog; (3) pola interaksi teman sebaya yang dominan di dalam kelas adalah aspek kerjasama.
References
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Pranata, R. H., & Hartati, U. (2017). Interaksi Sosial Suku Sunda dengan Suku Jawa(Kajian Akulturasi dan Akomodasi di Desa Buko Poso, Kabupaten Mesuji. Jurnal Swarnadwipa, 179-190.
Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.
Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
![](/public/site/images/admin/88x311.png)