HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK TWO STAY TWO STRAY SECARA OFFLINE DAN ONLINE

Main Article Content

sifa aprilia
sobrul laeli

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa kelas V.b SD Negeri Tajur 05 yang belum mencapai indikator penelitian minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran tematik yang telah ditetapkan sekolah. Salah satu penyebab rendahnya nilai pelajaran tematik adalah proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada metode/model tertentu, sehingga siswa kurang aktif dan mudah bosan dalam proses belajar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar tematik melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray secara online dan offline di kelas V.b Sekolah Dasar Negeri Tajur 05 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.b sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar adalah 23 siswa atau sekitar 74% siswa yang telah mencapai ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 78,74. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan 27 siswa tuntas belajar atau sekitar 87% siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 83,45. Penelitian ini berkesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray secara offline dan online dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V.b semester II tahun ajaran 2019/2020

Article Details

How to Cite
aprilia, sifa, & laeli, sobrul. (2021). HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK TWO STAY TWO STRAY SECARA OFFLINE DAN ONLINE. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 4(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/4629
Section
Articles

References

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2017). model-model pengajaran dan pembelajaran. yogyakarta: pustaka pelajar.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik ( konsep dan aplikasi ). Solo Maospati, Magetan, Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Sari Rhiantini, D. T. (2017). Penerapan Metode Two Stay Two Stray Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Materi Laporan Pengamatan. Jurnal Pena Ilmiah , 121-130.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Wardani, I. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.