PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS 4 SDN CIBUNIAN 02 KABUPATEN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah permasalahan bahwa siswa sudah berasumsi negatif terhadap pelajaran matematika, sehingga membuat siswa tersebut susah dalam memahami pelajaran matematika. Hal ini berpengaruh terhadap nilai matematika yang secara umum nilai siswa tersebut masih berada dibawah nilai ketuntasan yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan hasil belajar pada bidang studi matematika dengan materi bilangan romawi dengan menggunakan pembelajaran model Snowball Throwing. Penelitian ini diselenggarakan pada tingkat kelas 4 SDN Cibunian 02 Kabupaten Bogor. Yang menjadi subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas 4 SDN Cibunian 02. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan data yang didapatkan dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa setelah mengunakan pembelajaran model Snowball Throwing terdapat kemajuan hasil belajar siswa. Hasil ini dilihat dari tes pertama nilai rata-ratanya adalah 37,00 dengan persentase ketuntasan 10%, pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata adalah 64,00 dengan persertase ketuntasan 60% dan dilanjut pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 84,50 dengan persentase ketuntasan 90 % , hasil ini artinya terjadi peningkatan dalam perolehan hasil belajar siswa. Dari hasil PTK ini, maka peneliti dapat memberikan sebuah kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran dengan model Snowball Throwing ini terdapat peningkatan yang baik dalam hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SDN Cibunian 02 Kabupaten Bogor.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Asrori, M., 2006. Penelitian TindakanKelas. Bandung: CV WACANA PRIMA
Arikunto, S. Suhardjono, Supandi, 2008.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT BumiAksara
Hamalik, O. (2006). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
hamdan. (2018, Febuari 27). http://www,google.com/search?q=kelebihan+model+snowball+throw ing &hamdan.httml. Retrieved Febuari 2018, from
http://www,google.com/search?q=kelebihan+model+snowball+throw ing &hamdan.httml: http://www,geogle.com/search?q=kelebihan+model+snowball+throw ing &hamdan.httml
Heruman. (2010). Model PembelajaranMatematika diSekolah Dasar. Bandung :PT Remaja Persada.
Komalasari, K.,2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep Aplikasi.Bandung: PT.Refika Aditama
Prasetyo, T., & Nisa, K. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RASA KEINGINTAHUAN SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 83-93.
Suyono, Hariyanto, 2011.Belajar dan PembelajaranTeori dan Konsep Dasar.Bandung : RemajaRosdakarya
Suprijono, A., 2009.Cooperative LearningTeori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Susanto, A., 2013.Teori Belajardan Pembelajaran diSekolah Dasar.Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.
Huda, M. (2007). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Pt. Rosada.
Risnawati, E., 2016. PenerapanModel Snowball Throwing UntukMemperbaiki Hasil Belajar Materi Lembaga Tinggi Negaradi Kelas IVSDN CitIIs Cigombong. Gentala Aksara Dasar, ISSN2502-5805.
Ismunamto, 2011. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi
Hendriana, H., Soemarno, U., 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung:PT.Refika Aditama
Hartini, S., 2016. Penerapan ModelPembelajaran Make-a Match UntukMeningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian di Kelas II SDN Ciomas 01. Gentala Aksara Dasar, ISSN:2502-5805
Supartini, I., 2016.Penerapan ModelPembelajaran Make-a Match UntukMeningkatkan Hasil BelajarMatematika Kelas II SDN Beji Timur 1 Depok. Gentala Dasar, ISSN: 2502-5805.
Nasution, A., 2016. Penerapan Model Student Teams-Achievement Divisions Untuk Memperbaiki HasilBelajar Matematika Kelas 6 SDN Cibedug 01. Gentala Aksara Dasar, ISSN:2502-5805.
Kantiti, R.I., 2016.Penerapan ModelPembelajaran Teams Games Tournamen Untuk Meningkatkan HasilBelajar Matematika Materi Pecahan. Gentala Aksara Dasar, ISSN:2502-5805.
Zaki, M., 2016. Penggunaan Model Make-aMatch UntukMemperbaiki Hasil Belajar Perkalian di Kelas II SDN Kedunghalang 03 Kecamatan Sukajaya. Gentala Aksara Dasar, ISSN: 2502-5805
Latif, A. (2007). Pendidikan Berbasisi Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.
Minari, E. S. (2012). Matematika Untuk PGSD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2006). Metode Penelitian. Jakarta.
Nungki. (2008). Membantu Anak Belajar Matematika. Yogayakarta: Tugu Publisher.
Oemar. (2011).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman, M. U. (2007).Menjadi GuruProfesional.Bandung: PT. RemajaRosdakarya.