EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN BAGI GENERASI Z

Authors

  • R. Ali Pangestu Universitas Djuanda
  • Siti Nazwa Hamidah Universitas Djuanda
  • Sofia Lutfiyati Sofi Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14140

Keywords:

Efektivitas, Media Sosial, Generasi Z

Abstract

Banyak bisnis saat ini beralih ke pemasaran berbasis media sosial karena jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat. hal Ini, dilakukan untuk mencapai salah satu tujuan utama pemasaran,  yaitu untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar, serta untuk mendapatkan saran dan masukan yang membantu perusahaan berkembang, dan hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan sosial media . Generasi Z—juga disebut Gen Z—adalah kelompok yang dikenal sebagai digital native dan secara aktif dan sangat cepat beradaptasi dengan teknologi terbaru, termasuk media sosial, hal itu dapat dilihat bahwa 48% Gen z lebih sering mengakses sosial media dibandingkan dengan gen lainnya . tentunya hal ini menimbulkan kesempatan bagi kehadiran sosial media dalam mengoptimalkan penggunaanya sebagai salah satu media pemasaran, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menggunakan sosial media  untuk mengefektifkan cara pemasaran di masyarakat, terutama pada gen z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik studi pustaka dengan kata kunci pemasaran dengan menggunakan media sosial. Dapat dilihat dari penelitian ini bahwa media sosial memiliki dampak yang besar bagi dunia pemasaran.

References

Abdullah, A., Natsir, A. B., & Sumarni. (2022). EPIC MODEL : EFEKTIVITAS SISTEM PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA PADA UMKM PRODUK OLAHAN IKAN. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2), 47-56.

Azis, T. N. (2019, July). PENDIDIKAN DAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. Bogor: https://pkm.uika-bogor.ac.id/.

Bambang, & S, S. (2012). Instagram handbook / Bambang ; penyunting, Sudarma S. Jakarta : Media kita .

Billah, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Pameran Online untuk Meningkatkan Penjualan Ekspor Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada CV. Palem Craft Jogja). Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Dinda S P, R. N. (2019). EMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common , 3. Nomor 1, 71-80.

Fauzanah, N., Muhimmah, U. U., & laksono, M. a. (2021). KONSEP PEMASARAN MELALAUI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Jurnal Hikamuna, 3(1).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 1(2), 61 - 76.

Lukito, W. A., & D, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90-95.

Manggopa, S., Sumenda, C., L. L., & D. W. (2023). Efektivitas Sosial Media Marketing Dalam Membangun Brand Institusi Pendidikan: Perspektif Generasi Z. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2518-2526.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi (1st ed.). Bandung : Simbiosa Rekatama.

Puspitarini, i. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1).

Putri, T. B., Savitri, C., & Fadilla, S. P. (2024). Pengaruh Konten Pemasaran dan E-Wom pada Media Sosial Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kabupaten Karawang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2).

Rampen, D. C., Pangemanan, A. S., & Mandagi, D. W. (2023). The X-factors behind Gen Z employee performance: A systematic review . Jurnal Mantik , 7(2), 669-680.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Kwangsan 6(1), 43-72.

Setiadi, A. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. CAKRAWALA : Jurnal Humaniora Universitas Bisa Sarana Informatika , 16(2).

Waworuntu, E. C., Kainde, S. J., & D. W. (2023). Work-Life Balance, Job Satisfaction and Performance Among Millennial and Gen Z Employees: A Systematic Review . Society, 10(2), 286-300.

Zaenudin, O. S., & Harto, B. (2021). peran media sosial dalam shopping lifestyle Generasi Z. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 5624-5641.

Zannah, K. P. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PROMOSI DI ERA POST-MILLENIAL.

Zannah, S. A. (2021, Oktober 13). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PROMOSI DI ERA POST-MILLENIAL (Study Kasus Pada Media Sosial Instagram). ePrints Uniska.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

R. Ali Pangestu, Siti Nazwa Hamidah, & Sofi, S. L. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN BAGI GENERASI Z. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 341–349. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14140