PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL- QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL- QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR

Authors

  • Elis Munawaroh fuadah Elis Universitas Djuanda
  • Mochammad Deddy Soe'addy Universitas Djuanda
  • Muhammad Agus Mulyana Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14089

Keywords:

Pengaruh, Pembelajaran Bahasa Arab, Motivasi Memahami Al- Qur’an

Abstract

Al-Quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dengan baha-sa arab. Untuk memahani al-Quran salah satu caranya harus mampu menguasai ba-hasa arab. Bahasa arab menjadi salah satu cara dalam meningkatkan dorongan da-lam menghafal al-Quran. Maksud dari observasi ini membantu memahami pengaruh pembelajaran bahasa arab terhadap motivasi menghafal Al- Qur’an santri pesantren tahfidz Al- Qur’an dan bahasa arab bina madani putri bogor. Observasi tersebut memakai metode kuantitatif yaitu seperti cara survei. Sampel dalam observasi ini berjumlah 86 sampel. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, serta pengarsipan. Kemudian memakai cara analisis regresi linier simple. Di pondok pe-santren tahfidz Al- Qur’an dan bahasa arab bina madani putri bogor ini hasil ob-servasi bahwa santri memiliki pengaruh pengkajian bahasa Arab terkait dorongan menghafal al-Quran. Soal tersebut mengacu dari hasil uraian nilai thitung lebih banyak dari ttabel yakni, 4.924 >1.9886 serta nilai signifikansi 0.001 lebih kecil dari nilai signif-ikansi 0.05 yang peneliti tentukan. Karena koefisien determinasi sebesar 22,4% dengan itu memiliki dampak baik, dalam menghafal Al- Qur’an maka dibutuhkannya suatu dorongan yang tinggi hal itulah yang mempengaruhi kemampuan santri dalam mengikuti pembelajaran. Sedemikian 76% merupakan bagian lain yang mengakibat-kan variable Y tidak ditelaah oleh observer. Tidak semua diteliti oleh peneliti con-tohnya yang dapat kita ketahui: aspek sarana prasarana, aspek individu setiap santri, aspek wilayah atau daerah, aspek hubungan semenda, aspek kepribadian serta ka-pasitas kemampuan santri.

References

Abd Gani, Y. (2017). Penggunaan Meto-deGanjaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa d MAS Bahrul Hikmah Konawe Utara Sultra. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 85-101.

Amalia, H. S. (2020). Pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap nilai tu-kar rUpiah pada dollar amerika periode

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga pendidikan islam di indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Budiya, B. (2021). Manajemen Pengel-olaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidi kan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50-54.

Bustam, B. M. (2021). Pendidikan Baha-sa Arab: untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab: untuK Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam. UAD PRESS. Bustam, B. M. R., & Perawironegoro, D.

Dalyono, B. &.-4. ( (2017)). Dalyono, B., Lestariningsih, E. D.

Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya kompetensi dan profesionalisme guru dalam pembentukan karakter bagi anak usia dini. Hidayati, A. N. , 8(1), 1-9.

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori moti-vasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.

Pristiawan, E. (. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfizul Qur’an Di SDIT Nurul ‘Ilmi Medan Estate Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN-SU). Pristiawan, E.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Retnawati, H. (2017, September). Teknik pengambilan sampel. In Disam-paikan pada workshop update penelitian kuantitatif, teknik sam-pling, analisis data, dan isu plagia-risme (pp. 1-7).

Rukmana, A. (n.d.). BERISLAM SECARA KÂFFAH. Rukmana, A., 1. Sangian, J. E. (2016, December). Pengaruh-komitmen, efikasi diri, motivasi dan keefektifan terhadap produktivitas kerja guru smpn di kabupaten minahasa utara. In isqae 20165 international seminar on quality

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Elis, E. M. fuadah, Soe’addy, M. D., & Mulyana, M. A. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL- QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL- QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 330–340. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14089