PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD AMALIAH CIAWI
DOI:
https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13405Keywords:
Pengaruh, Media Pembelajaran, Penguasaan KosakataAbstract
Media pembelajaran aplikasi Quizizz merupakan upaya yang dilakukan penelitian untuk meningkatkan dan memotivasi siswa sekolah dasar Amaliah Ciawi dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Metode penentuan sampel menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, dengan populasi sebanyak 34 siswa kelas IV SD Amaliah Ciawi. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen dengan desain NonEquivalent Pre-test dan Prosttest Control Group Design. Data diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Quizizz ini berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa arab peserta didik kelas IV SD Amaliah Ciawi. Hal ini ditunjukan dengan hasil olah data yang menyatakan bahwa terdapat 18 dari 20 butir soal dengan hasil valid dan pada instrumen reliabilitas dengan nilai 0,718 > 0,60 atau menunjukkan bahwa reliabel. Pada uji normalitas hasil menunjukkan bahwa nilai uji Kolmogorov-Smirnov Pre-test yaitu 0,200 dan Prosttest 0,060, sedangkan uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan hasil pre-test 0,431 dan Prosttest dengan hasil 0,060, dari hasil tersebut > 0,05, maka terdapat hasil yang signifikan dan normal. Hasil dari uji t menunjukkan nilai 0,05 yang dikatakan cukup dari 0,05 dan hasil dari hipotesis yaitu nilai signifikan 0,05, yang berarti cukup dari 0,05. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Al Luthfi, “Analisa Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Metode Use Questionary Pada Aplikasi Duolingo,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol, Vol. 5, No. 2, 2021.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fitri Mulyani, Nur Haliza. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING 3(1): 101-109
Jaelani, A., & Sutari, D. R. (2021, January). STUDENTS’PERCEPTION OF USING DUOLINGO APPLICATION AS A MEDIA IN LEARNING VOCABULARY. In Bogor English Student And Teacher (BEST) Conference (Vol. 2, Pp. 40-47).
Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V8i1.3251
Matra, S. D. 2020. DUOLINGO APPLICATIONS AS VOCABULARY LEARNING TOOLS. Journal Of English Literature,
Linguistic, And Education, 1(1), 46-52. Http://Dx.Doi.Org/10.31941/Jele.V1i1.1185
Robiatul A, Ryan Eka. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO BERBASIS GAMIFIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH HOMESCHOOLING PRIMAGAMA MADIUN (TELAAH PERSPEKTIF GURU). Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(1). 65-74. Https://Doi.Org/10.17509/Md.V18i1.34201
Rusli, R. K., Fauziah, R. S. P., Martin, A. Y., Lathifah, Z. K., Helmanto, F., & Mukminin, A. (2024). Arabic Language Implementation Viewed From A Social And Cultural Perspective At Maitreechit Withayattan School Bangkok. International Journal Of Language Education, 8(1), 36-47.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alphabet.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Penerbit Alfabeta,Bandung
Wahyuni. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5 (1), 29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).