PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD AMALIAH CIAWI

Authors

  • Audia Rizky Amaliya Universitas Djuanda
  • Didin Syamsudin Universitas Djuanda
  • Mochammad Deddy Soe`aiddy Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13405

Keywords:

Pengaruh, Media Pembelajaran, Penguasaan Kosakata

Abstract

Media pembelajaran aplikasi Quizizz  merupakan upaya yang dilakukan penelitian untuk meningkatkan dan memotivasi siswa sekolah dasar Amaliah Ciawi dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Metode penentuan sampel menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, dengan populasi sebanyak 34 siswa kelas IV SD Amaliah Ciawi. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen dengan desain NonEquivalent Pre-test dan Prosttest Control Group Design. Data diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Quizizz  ini berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa arab peserta didik kelas IV SD Amaliah Ciawi. Hal ini ditunjukan dengan hasil olah data yang menyatakan bahwa terdapat 18 dari 20 butir soal dengan hasil valid dan pada instrumen reliabilitas dengan nilai 0,718 > 0,60 atau menunjukkan bahwa reliabel. Pada uji normalitas hasil menunjukkan bahwa nilai uji Kolmogorov-Smirnov Pre-test  yaitu 0,200 dan Prosttest 0,060, sedangkan uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan hasil pre-test 0,431 dan Prosttest dengan hasil 0,060, dari hasil tersebut > 0,05, maka terdapat hasil yang signifikan dan normal. Hasil dari uji t menunjukkan nilai 0,05 yang dikatakan cukup dari 0,05 dan hasil dari hipotesis yaitu nilai signifikan 0,05, yang berarti cukup dari 0,05. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Al Luthfi, “Analisa Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Metode Use Questionary Pada Aplikasi Duolingo,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol, Vol. 5, No. 2, 2021.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fitri Mulyani, Nur Haliza. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING 3(1): 101-109

Jaelani, A., & Sutari, D. R. (2021, January). STUDENTS’PERCEPTION OF USING DUOLINGO APPLICATION AS A MEDIA IN LEARNING VOCABULARY. In Bogor English Student And Teacher (BEST) Conference (Vol. 2, Pp. 40-47).

Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V8i1.3251

Matra, S. D. 2020. DUOLINGO APPLICATIONS AS VOCABULARY LEARNING TOOLS. Journal Of English Literature,

Linguistic, And Education, 1(1), 46-52. Http://Dx.Doi.Org/10.31941/Jele.V1i1.1185

Robiatul A, Ryan Eka. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO BERBASIS GAMIFIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH HOMESCHOOLING PRIMAGAMA MADIUN (TELAAH PERSPEKTIF GURU). Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(1). 65-74. Https://Doi.Org/10.17509/Md.V18i1.34201

Rusli, R. K., Fauziah, R. S. P., Martin, A. Y., Lathifah, Z. K., Helmanto, F., & Mukminin, A. (2024). Arabic Language Implementation Viewed From A Social And Cultural Perspective At Maitreechit Withayattan School Bangkok. International Journal Of Language Education, 8(1), 36-47.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alphabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Penerbit Alfabeta,Bandung

Wahyuni. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5 (1), 29.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Amaliya, A. R., Syamsudin, D., & Soe`aiddy, M. D. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD AMALIAH CIAWI. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 219–230. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13405
Abstract viewed = 0 times