PERAN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SDN BUBULAK 01
DOI:
https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13364Keywords:
Lingkungan Sosial Sekolah, Karakter, DisiplinAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan peran lingkungan sosial sekolah dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di SDN Bubulak 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SDN Bubulak 01. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Ada 4 tahapan dalam teknik analisis data ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu bahwa peserta didik di SDN Bubulak 01 sudah cukup mendekati karakter disiplin. Banyak bentuk peran lingkungan sosial sekolah yang dilakukan untuk membentuk karakter disiplin diantaranya yaitu kegiatan upacara bendera, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan pramuka.
References
Aswat, H., Onde, M., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (5), 7664-9236.
Avita, D., & Sholikhah , K. (2023). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas II MI Ma'rif Pagerwojo. Jurnal Pendidikan Guru, 4 (2), 118-127.
Fauziyah, S. S., Romlah, S., & Komussudin, A. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX Di SMP Al-Qona'ah Baleendah. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 2 (1), 39-53.
Gampu, G., Pinontoan , M., & Sumilat, J. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5124-5130.
Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11 (1), 68-77.
Jamaluddin, J. (2020). Hubungan Antara Sekolah dan Masyarakat. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8 (1), 29-37.
Jauhari, M., Mustari, M., Kurniawansyah , E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Sekolah Dalam Menumbuhkembangkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 24 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (2), 756-762.
Juwantara, R. (2019). Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Jujur Disiplin dan Bertanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah . Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran , 9 (2), 160.
Libertus, L. (2022). Menanamkan Nilai Karakter Melalui Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar. VOCAT: Jurnal Pendidikan Katolik , 2 (1), 1-6.
Nurhayati, D. (2020). The Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesia Schools: Opportunities and
Challenges. Jurnal of Asian Education and Development Studies, 9(2), 252-264.
Purwanti, E., & Haerudin, D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (2), 260.
Radif, K. R. (2019). Pembiasaan spiritual untuk meningkatkan pendidikan karakter peserta didik. Tadbir Muwahhid, 3(1).
Sari, N., Januar, J., & Anizar , A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan , 2 (1), 78-88.
Sintasari, B., & Lailiyah , N. (2024). Evaluasi Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2 (1), 43-53.
Syaifuddin, M., & Fahyuni, E. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal Di SMP Muhammadiyah 2 Taman. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan , 7 (2), 267-285.
Turnip, E., Lumbantobing, M., & Sirait, E. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (6), 3555-3562.
Zahroh, S., & Na'imah. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 7 (1), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
![](/public/site/images/admin/88x311.png)