PERAN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SDN BUBULAK 01

Authors

  • Aliva Dwi Lestari Aliva Universitas Djuanda
  • Daningsih Kurniasari Universitas Djuanda
  • Erlina Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13364

Keywords:

Lingkungan Sosial Sekolah, Karakter, Disiplin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan peran lingkungan sosial sekolah dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di SDN Bubulak 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SDN Bubulak 01. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Ada 4 tahapan dalam teknik analisis data ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu bahwa peserta didik di SDN Bubulak 01 sudah cukup mendekati karakter disiplin. Banyak bentuk peran lingkungan sosial sekolah yang dilakukan untuk membentuk karakter disiplin diantaranya yaitu kegiatan upacara bendera, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan pramuka.

References

Aswat, H., Onde, M., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (5), 7664-9236.

Avita, D., & Sholikhah , K. (2023). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas II MI Ma'rif Pagerwojo. Jurnal Pendidikan Guru, 4 (2), 118-127.

Fauziyah, S. S., Romlah, S., & Komussudin, A. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX Di SMP Al-Qona'ah Baleendah. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 2 (1), 39-53.

Gampu, G., Pinontoan , M., & Sumilat, J. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5124-5130.

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11 (1), 68-77.

Jamaluddin, J. (2020). Hubungan Antara Sekolah dan Masyarakat. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8 (1), 29-37.

Jauhari, M., Mustari, M., Kurniawansyah , E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Sekolah Dalam Menumbuhkembangkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 24 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (2), 756-762.

Juwantara, R. (2019). Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Jujur Disiplin dan Bertanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah . Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran , 9 (2), 160.

Libertus, L. (2022). Menanamkan Nilai Karakter Melalui Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar. VOCAT: Jurnal Pendidikan Katolik , 2 (1), 1-6.

Nurhayati, D. (2020). The Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesia Schools: Opportunities and

Challenges. Jurnal of Asian Education and Development Studies, 9(2), 252-264.

Purwanti, E., & Haerudin, D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (2), 260.

Radif, K. R. (2019). Pembiasaan spiritual untuk meningkatkan pendidikan karakter peserta didik. Tadbir Muwahhid, 3(1).

Sari, N., Januar, J., & Anizar , A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan , 2 (1), 78-88.

Sintasari, B., & Lailiyah , N. (2024). Evaluasi Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2 (1), 43-53.

Syaifuddin, M., & Fahyuni, E. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal Di SMP Muhammadiyah 2 Taman. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan , 7 (2), 267-285.

Turnip, E., Lumbantobing, M., & Sirait, E. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (6), 3555-3562.

Zahroh, S., & Na'imah. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 7 (1), 1-9.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Aliva, A. D. L., Kurniasari, D. ., & Erlina. (2024). PERAN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SDN BUBULAK 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 255–265. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13364
Abstract viewed = 6 times