HUBUNGAN ANTARA KEMAHIRAN MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BINA TAUHID AMALIAH

Main Article Content

Ade Triyana
Mochammad Deddy Soe’aiddy
Fikni Mutiara Rachma

Abstract

Mempelajari bahasa Arab dan Al-Qur’an adalah seperti dua hal yang saling terkait tak terpisahkan, seperti dua sisi koin yang tak dapat dipisahkan. Ini karena memahami Al-Qur’an dimulai dengan memahami dan mempelajari bahasa Arab penting untuk memahami Al-Qur’an. mencakup penngajaran dan mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. Pembelajaran Al-Qur’an dan kefasihan membacanya dapat mempengaruhi pengucapan terhadap pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan kefasihan membaca Al-Qur’an maka seseorang mampu membaca pembelajaran bahasa Arab secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami korelasi antara kemahiran membaca Al-Qur’an dengan kemahiran membaca teks bahasa Arab santri Pondok Pesantren Tahfidz Bina Tauhid Amaliah. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dalam jenis penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mencakup semua siswa tingkat SMP dari keseluruhan populasi tersebut, dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi serta menggunakan analisi data korelasi produk moment. Hal ini dibuktikan dari hasil koefesien korelasi sebesar 0,693 dan  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kemahiran membaca Al-Qur’an dengan kemahiran membaca teks bahasa Arab siswa tingkat SMP, dengan data hasil koefisien determinasi sebesar 48%.

Article Details

How to Cite
Triyana, A., Deddy Soe’aiddy, M. ., & Fikni Mutiara Rachma. (2024). HUBUNGAN ANTARA KEMAHIRAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BINA TAUHID AMALIAH. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12891
Section
Articles

References

Af, H. (1995). Perbedaan Qiraat Dan Pengaruhnya Terhadap Istimbath Hukum Dalam Al-Qur’an.

Ali, A., & Muhdlor, A. Z. (1996). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yayasan Ali Maksum.

Amirullah, W. (2002). Metode Penelitian Pemasaran. Malang: Cv.

Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Iii. Jakarta: Rineka Cipta.

Asy’ari, A. (1987). Pelajaran Tajwid Qa’idah Sebagaimana Seharusnya Membaca Al-Qur’an Untuk Pelajaaran Permulaan.

Effendy, A. F. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 35, 143.

Fachrurrozi, A., & Mahyuddin, E. (2011). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 199-218.

Junaidi, J., & Mulianah, B. (2020). Pengaruh Kefasihan Membaca Al-Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bidang Studi Bahasa Arab. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan Pba, 19(2), 199-215.

Majid, K. A. (2008). Praktikum Qiro‟ At Keanehan Bacaan Al-Qur‟ An Ashim Dari Hafash.

Muliati, S. Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur'ān Terhadap Mahārah Al-Qirā'ah Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah.

Munawir, A. W. Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab,(Malang: Uin Press, 2009) Ahmad Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab,(Malang: Misykat, 2005).

Nenden. Kiat Membuat Anak Gemar Membaca. Surabaya: Cv. Al-Maktabah. 2008.

Nurhanisah, N. (2018). Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Dan Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas Viii Mts Pondok Pesantren Al Mubarak Ddi Tobarakka (Doctoral Dissertation, Iain Parepare).

Poerwadarminta, W. J. S. (1966). Kamus Umum Bahasa Indonesia. (No Title).

Rahayu, P. (2013). Thuruqu Ta’limi Al-Lughah Al-Arabiyah Li Ghari Nathiqina Biha. Jurnal Bahasa Arab Dan Pembelajarannya.

Rantelili, Eunike Sariyanti. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Write Aroud Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Tana Toraja. Skrips. Universitas Negeri Makassar.

Rodliyah, Metodelogi Dan Strategi Alternatiff Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Raihlah Group, 2005.

Rukajat, A. (20180) Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Cv Budi Utama.

Rusli, R. K., Fauziah, R. S. P., Martin, A. Y., Lathifah, Z. K., Helmanto, F., & Mukminin, A. (2024). Arabic Language Implementation Viewed From A Social And Cultural Perspective At Maitreechit Withayattan School Bangkok. 8(1), 36–47.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rnd. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, H. A., & Al-Kautsar, U. A. M. (2010). 5 Langkah Lancar Membaca Al-Qur'an. Ruang Kata.

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak: Membaca, Menulis Dan Mencintai Al-Quran. Gema Insani.

Tarigan, H. G. (1985). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Wa Muna. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras, 2011

Zaronja, A. A. (2013). Korelasi Tingkat Keaktifan Mengikuti Program Membaca Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Hasyim Asy’ari Piyungan Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga).

Zubaidillah, M. H. (2018). Hubungan Kemampuan Bahasa Arab Dengan Prestasi Hafalan Alquran Siswa. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 19-38.