PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 LEMBURSAWAH
Main Article Content
Abstract
Tujuann penelitin ini dalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dlm penelitian ini dalah Eksperimen, penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Lembursawahh sampel yang digunakn adalah 25 siswa kelas IV A sebagai kels Eksperiimen dan 25 siswa klas IV B sebgai kelas kontrol. Instrument penlitian yng digunakan sebagaii tes hsil belajr matematika dalah 20 butir soal berbntuk pilihan ganda. Kelompok eksperimen adlah kelompok yang kegiatan pembelajarnnya menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sedangkann kelas kontrol adalah kelompok yang kegiatan pembelajarnnya dilkukan dengn pendekatan ceramah, instrument yang digunakn dengan instrumentt soal tes pilihn ganda. Hasl penelitian menunjukn bahwa terdapt Pengaruh Penerapn Metode Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hsil Belajar Siswa Pada Mata Pelajarn Matematika SD Negeri 1 Lembursawah. Hal ini dibuktiikan dengn hsil perhitungn uji t dri hasil posttest klas eksperiimen dan kels kontrol dengan hasil nilai thitung sebesar 3.542lebih besar dari nilai ttabel 2.035. serta nilai signifikansi yaitu 0.851 yang lebih besar dari 0.05 maka Ho dan Ha diterima. Dengn demikian dapt disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajarn Numbered Head Together Terhapa Hasil Belajar Siswa Pda Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 1 Lembursawah dikelas IV A SD Negerii 1 Lembursawah
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aqib Zaenal,, 2013. Metode-Metode Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung : YramaWidya.
Hamdayama Jumanta,2014. Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta :Ghalia Indonesia.
Hamzah Ali dan Muhlisrarini, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raj Grafido Persada.
Heruman, 2007. Metode Pembelajaran Matematika. Bandung : Rosda.
Hidayat Ujang S, Metode-metode Pembelajaran Berbasis Paikem. Cv. Siliwangi dan CO.
Komalasari Kokom, 2010. Pembelajaran Konstektual. Bandung : PT. Refika Aditama.
Lastrijanah, Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.
Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sesrita, A. (2017). PENGGUNAAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI FISIKA, DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 140-158.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta.
Supratiknya A, 2015. Metodologi Pnelitian Kuantittif dan Kualittif dalam Psikologi. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.
Sugiyono, 1999. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Cv. Alfabeta.
Susanto Ahmad, 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Renada Media Group.