PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Murid pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri Pondok Terong 02 Depok, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universtas Djuanda Bogor. 2017.
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dilakukan dengan pengelolaan kelas yang optimal dan memberikan suasana nyaman pada murid. Berdasarkan fakta yang ada, masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar IPS kelas IV SD Negeri Pondok Terong 2 Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar murid kelas IV pada mata pelajaran IPS. Populasi penelitian ini berjumlah 99 murid, dengan sampel sebanyak 48 murid, karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random dengan tabel kerjcie. pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment Hasil analisis data menunjukan ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Pondok Terong 2 Depok dengan rsquare 0,587 sebesar 58,7% . artinya bahwa variabel independen mampu menjelaskan perubahan variabel dependen.
Article Details
How to Cite
Jamaludin, A. L., Mahruddin, A., & Supriatna, I. (2018). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1286
Section
Articles
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, Suharsimi, 1986. Pengelolaan kelas dan siswa sebagai pendekatan evaluative edisi kesatu. Jakarta: Rajawali
Arikunto, Suharsimi, 2013. Manajemen Penelitian edisi duabelas. Jakarta: Rineka Cipta
Awalyah, Fitri, 2001., Pengaruh Pengelolaan Ruang Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Kecamatan Pasanggrahan Jakarta Selatan FKIP Universitas Jakarta
Basri, Hasan, 2015. Paradigma baru system pembelajaran edisi kesatu. Bandung: CV Pustaka Setia
Chamaidah, Nur, 2014., Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta FKIP Universitas Yogyakarta
Djamarah, Syaifil Bahari, 2011., Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Isnawati, Esti, 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal Yogyakarta: Ombak
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2009., Pengertian Prestasi dan BelajarNur Meilinda, Tia, 2016., Hubungan antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah FKIP Universitas Lampung
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2007., Standar Sarana Dan Prasarana Kelulusan SD/M,I Nomor 24.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2012., Standar Teknis Pembangunan Ruang Kelas Baru, Nomor 61
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2006. standar kompetensi kelulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah nomor 23
Permendiknas, 2006., Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI. Nomor 24
Sardjiyo, 2008. Pendidikan IPS di SD edisi keempat Jakarta: Universitas Terbuka
Satori, Djam’an, 2008. Profesi Keguruan edisi kelima Jakarta: Universitas Terbuka
Slameto, 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya edisi keenam Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2015., Metode penelitian pendidikan edisi dua puluh dua Bandung: Alfabeta
Suyanto, 2013. Menjadi Guru Profesional Jakarta: Erlangga
Syah, Darwyan, 2009. Strategi Belajar Mengajar edisi kesatu Jakarta: Diadit Media
Syah, Muhibin, 2009. Pisikologi belajar edisi Sembilan Jakarta: Rajawali
Winataputra, Udin.S., 2011. Materi & Pembelajaran IPS SD edisi kesatu Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi, 2013. Manajemen Penelitian edisi duabelas. Jakarta: Rineka Cipta
Awalyah, Fitri, 2001., Pengaruh Pengelolaan Ruang Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Kecamatan Pasanggrahan Jakarta Selatan FKIP Universitas Jakarta
Basri, Hasan, 2015. Paradigma baru system pembelajaran edisi kesatu. Bandung: CV Pustaka Setia
Chamaidah, Nur, 2014., Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta FKIP Universitas Yogyakarta
Djamarah, Syaifil Bahari, 2011., Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Isnawati, Esti, 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal Yogyakarta: Ombak
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2009., Pengertian Prestasi dan BelajarNur Meilinda, Tia, 2016., Hubungan antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah FKIP Universitas Lampung
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2007., Standar Sarana Dan Prasarana Kelulusan SD/M,I Nomor 24.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2012., Standar Teknis Pembangunan Ruang Kelas Baru, Nomor 61
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2006. standar kompetensi kelulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah nomor 23
Permendiknas, 2006., Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI. Nomor 24
Sardjiyo, 2008. Pendidikan IPS di SD edisi keempat Jakarta: Universitas Terbuka
Satori, Djam’an, 2008. Profesi Keguruan edisi kelima Jakarta: Universitas Terbuka
Slameto, 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya edisi keenam Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2015., Metode penelitian pendidikan edisi dua puluh dua Bandung: Alfabeta
Suyanto, 2013. Menjadi Guru Profesional Jakarta: Erlangga
Syah, Darwyan, 2009. Strategi Belajar Mengajar edisi kesatu Jakarta: Diadit Media
Syah, Muhibin, 2009. Pisikologi belajar edisi Sembilan Jakarta: Rajawali
Winataputra, Udin.S., 2011. Materi & Pembelajaran IPS SD edisi kesatu Jakarta: Universitas Terbuka