PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Ayu Lestari Jamaludin
Amir Mahruddin
Irfan Supriatna

Abstract

Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Murid pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri Pondok Terong 02 Depok, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universtas Djuanda Bogor. 2017.

 

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dilakukan dengan pengelolaan kelas yang optimal dan memberikan suasana nyaman pada murid. Berdasarkan fakta yang ada, masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar IPS kelas IV SD Negeri Pondok Terong 2 Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar murid kelas IV pada mata pelajaran IPS. Populasi penelitian ini berjumlah 99 murid, dengan sampel sebanyak 48 murid, karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random dengan tabel kerjcie. pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment Hasil analisis data menunjukan ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Pondok Terong 2 Depok dengan rsquare 0,587 sebesar 58,7% . artinya bahwa variabel independen mampu menjelaskan perubahan variabel dependen.

Article Details

How to Cite
Jamaludin, A. L., Mahruddin, A., & Supriatna, I. (2018). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1286
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 1986. Pengelolaan kelas dan siswa sebagai pendekatan evaluative edisi kesatu. Jakarta: Rajawali

Arikunto, Suharsimi, 2013. Manajemen Penelitian edisi duabelas. Jakarta: Rineka Cipta

Awalyah, Fitri, 2001., Pengaruh Pengelolaan Ruang Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Kecamatan Pasanggrahan Jakarta Selatan FKIP Universitas Jakarta

Basri, Hasan, 2015. Paradigma baru system pembelajaran edisi kesatu. Bandung: CV Pustaka Setia
Chamaidah, Nur, 2014., Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta FKIP Universitas Yogyakarta

Djamarah, Syaifil Bahari, 2011., Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Isnawati, Esti, 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal Yogyakarta: Ombak

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2009., Pengertian Prestasi dan BelajarNur Meilinda, Tia, 2016., Hubungan antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah FKIP Universitas Lampung

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2007., Standar Sarana Dan Prasarana Kelulusan SD/M,I Nomor 24.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2012., Standar Teknis Pembangunan Ruang Kelas Baru, Nomor 61

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2006. standar kompetensi kelulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah nomor 23

Permendiknas, 2006., Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI. Nomor 24

Sardjiyo, 2008. Pendidikan IPS di SD edisi keempat Jakarta: Universitas Terbuka

Satori, Djam’an, 2008. Profesi Keguruan edisi kelima Jakarta: Universitas Terbuka

Slameto, 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya edisi keenam Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2015., Metode penelitian pendidikan edisi dua puluh dua Bandung: Alfabeta

Suyanto, 2013. Menjadi Guru Profesional Jakarta: Erlangga

Syah, Darwyan, 2009. Strategi Belajar Mengajar edisi kesatu Jakarta: Diadit Media

Syah, Muhibin, 2009. Pisikologi belajar edisi Sembilan Jakarta: Rajawali

Winataputra, Udin.S., 2011. Materi & Pembelajaran IPS SD edisi kesatu Jakarta: Universitas Terbuka