ANALISIS STRUKTUR PRESENT SIMPLE, PRESENT CONTINUOUS DAN FUTURE SIMPLE TENSES DALAM PERCAKAPAN

Main Article Content

Hamid Hediyansah
Salwa Camilia Ridwan
Nafisah Putri Imawan

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan seseorang dalam hidupnya, sama seperti manusia membutuhkan bahasa untuk berinteraksi satu sama lain. Tentu saja bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional merupakan suatu keharusan bagi manusia dan sudah menjadi sesuatu yang kita pelajari mulai dari sekolah dasar hingga universitas, namun masih banyak yang tidak pernah memperhatikan struktur percakapan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan peneliti pemahaman yang lebih baik tentang struktur yang ada dalam percakapan bahasa Inggris. Metode kualitatif dan analisis masalah. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam percakapan bahasa inggris tidak hanya terdapat satu tense saja melainkan lebih banyak lagi dan masing-masing tense mempunyai fungsinya masing-masing. Peneliti berharap agar kita dapat lebih teliti dan memahami lebih dalam mengenai struktur tenses dalam percakapan bahasa inggris.

Article Details

How to Cite
Hediyansah, H., Camilia Ridwan, S., & Putri Imawan, N. (2024). ANALISIS STRUKTUR PRESENT SIMPLE, PRESENT CONTINUOUS DAN FUTURE SIMPLE TENSES DALAM PERCAKAPAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11740
Section
Articles

References

Bartolic, L. (2012). English for Comunication 1. In Textbook.

Eko Yulianto, Putri Dwi Cahyani, & Sofia Silvianita. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 331–341. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.277

Hidayat, T. W. (2021). Analisis Percakapan Komunikasi dalam Menentukan Keberhasilan Pesan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(2), 166–176. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5632

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2023). School policy and support in creating English learning as a foreign language that contains character and Tawhid values. 050007. https://doi.org/10.1063/5.0142466

Maisaroh, E., Arsika, L. D., Studi, P., Bahasa, P., & Utama, I. P. (2022). Pengajaran Simple Future Tense Dalam Peningkatkan Pemahaman Dan Penguasaan Tata Bahasa Siswa. 2(2), 16–21.

Meilani, B. D., & Nasir, M. (2016). Penentuan Pola Kalimat Bahasa Inggris Pada Simple Present Tense Menggunakan Metode Bottom Up Parsing. INTEGER: Journal of Information Technology, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.31284/j.integer.2016.v1i1.54

Merita, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Present Continuous Tense Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 379. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10806

Nugroho, D. S. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA Nurul. Nhk技研, 151(2), 10–17.

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Pontoh, S. G. (2014). Analisis Kesalahan Dalam Penggunaan Simple Future Tense Oleh Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Manado Jurnal. Analisis Kesalahan Dalam Penggunaan Simple Future Tense Oleh Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Manado.

Pujiati, T. (2017). Analisis Terjemahan Kalimat Interogatif Dari Bahasa Inggris Ke Dalam Bahasa Indonesia Pada Novel Eclipse Karya Stephenie Meyer. Jurnal Sasindo Unpam, 4(1), 93–113.

Puspitasri, M., & Akmaliah, A. (n.d.). THE EFFECTIVENESS OF USING MIMING GAME IN TEACHING PRESENT CONTINUOUS TENSE Maya Puspitasari, Akeu Akmaliah.

Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple

Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Sari, N. noor K., Putra, putu bagus adidyana anugrah, & Christian, E. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tenses Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 37–46. https://doi.org/10.47111/jti.v13i2.253

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Tarbiya, F. O. F., & Training, T. (2014). THE EFFECTIVENESS OF INDUCTIVE INSTRUCTION.

Tsalshabila, B. B., Jr, D. S., Ramadhana, D. W., & Puspitaningtyas, A. (2023). Desa Bejijong To the Next Level Bersama Pojok Literasi Bahasa Inggris Bem Fisip Untag Surabaya. Jurnal Pengabdian Nasional, 03(01), 59–68.

Wulandari, R. S., Zulaihah, S., & Hurustyanti, H. (2017). Analisis Struktur Kalimat Pasif Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia melalui Contrastive Recognition. Deiksis, 9(03), 374. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.1834