STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Muhammad Zahfal Abdi Satria
Maya Apriyana

Abstract





Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada sekolah menengah atas di kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah suber data lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan yakni dengan cara menentukan perumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang dilaksanakan melalui peningkatan mutu program pendidikan, kegiatan lingkungan internal dan eksternal sekolah, budaya sekolah, penanaman norma dan pembiasaan. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan melalui sejumlah pertemuan dinas melibatkan manajemen puncak dan semua personil sekolah dan masyarakat baik jangka pendek, menengah dan panjang untuk meningkatkan kualitas pendidikan.





Article Details

How to Cite
Abdi Satria, M. Z., & Maya Apriyana. (2023). STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/10200
Section
Articles

References

Adam, B. (2021). Peranan Manajemen Strategi Dan Manajemen Operasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 57-66.

Akdon. (2011). Strategic managemeny for educational management. Bandung: Alfabeta.

Bryson , John M. Perencanaan Strategis Untuk Publik dan Nirlaba Organisasi . San Fransisco: Jossey - bass , 1998

Dwiningsih,N, 2001. Strategi Operasi dalam Lingkungan Global,STEKPI,Jakarta

Hadi, A. F., Az-Zahra, F., & Salsabila, N. (2023). Strategi Organisasi Pendidikan di Tingkat Sekolah Menengah dalam Menghadapi Tantangan Global. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 178-189.

Kurniawan, Asep. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73-97.

Rohman, Arif. (2012). Kebijakan pendidikan di era desentralisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.