PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN PENDAPATAN BURUH TANI MELALUI PEMANFAATAN LAHAN IDLE DENGAN BERTANI CABAI

Authors

  • Lina Asnamawati Universitas Terbuka
  • Tuti Kurnia Djuanda University Bogor, Indonesia
  • Muhammad Komaruddin Universitas Terbuka
  • Timbul Rasoki Universitas Terbuka
  • Ana Nurmalia Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.6479

Keywords:

Buruh Tani, Cabai, Pengetahuan, Keterampilan, Pendapatan

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sukaharja adalah untuk memanfaatkan lahan idle dengan menanam cabai adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampian buruh tani dalam menanam cabai dengan menggunakan lahan yang tidak termanfaatkan.  Selain itu juga, untuk menambah pendapatan bagi para buruh tani.  Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di kampung Cijulang Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor kepada 20 orang buruh tani.  Metode pengabdian dilakukan dengan metode intervensi.  Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan buruh tani dalam menggunakan media tanam, proses pembibitan, penyemaian dan penanaman pada lahan yang terbatas dengan menggunakan polybag.  Hasil lainnya adalah adanya tambahan pendapatan baik secara langsung ataupun tidak bagi buruh tani dari hasil panen tanaman cabai.

 

 

References

Departemen Pertanian. 2004. Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2005-2006. Jakarta: Badan Penelitian dan Perkembangan Pertanian.

Hidayat, A. A. (2008). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan (2 ed.). Jakarta: Salemba Medik

Husodo, S. Y. 2004. Pertanian Mandiri. Jakarta: Penebar Swadaya.

Profil Desa Sukaharja, 2008.

Polii, Maria GM., Sondakh, D Tommi., Raitung, JSM., Doodoh, Beatrix., dan Titah Tilda. 2019. Kajian Budidaya cabai di Minahasa Sulawesi Tenggara. Jurnal Euginia; Volume 25 No. 3.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Asnamawati, L., Kurnia, T., Komaruddin, M. ., Rasoki, T., & Nurmalia, A. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN PENDAPATAN BURUH TANI MELALUI PEMANFAATAN LAHAN IDLE DENGAN BERTANI CABAI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 286–292. https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.6479

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 37 times