PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI PENERAPAN CREATIVE DIGITAL MARKETING DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.5473Keywords:
Business Model Canvas, Digital Marketing, E-commerce, MaduAbstract
Provinsi Jawa Barat merupakan penghasil madu terbesar di Indonesia. Jumlah peta hutan lebah mencapai 5.300 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di seluruh pulau Jawa dan Madura. Desa Bojongmurni memiliki potensi budidaya lebah dan penghasil nektar, di Desa tersebut memiliki lahan yang subur tetapi tidak produktif seluas 3 Ha yang dapat digunakan sebagai komoditas tanaman penghasil nektar serta herbal. Upaya peningkatan produktivitas madu dilakukan dengan penerapan creative digital marketing , dibuat Business Model Canvas (BMC) sebagai strategi manajemen produk madu, produk madu dipasrkan menggunakan media social dan E-commerce
References
[BPOM] Badan Pengawas Obat dan Makanan
Republik Indonesia. 2018. PeraturanBadan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 TentangLabel Pangan Olahan. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.
Peraturan Badan Pengawas Obat dan
Makanan Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Kemasan Pangan.
BPO Peraturan Badan Pengawas Obat dan
Makanan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2018/bn1106-2018.pdf (diunduh pada 8 April 2019)
Lima, D. 2019. Inventarisasi Jenis-Jenis
Tanaman Penghasil Nektar Dan PolenSebagai Pakan Lebah Madu Apis Mellifera Di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Universitas Pattimura. No 2 (7).
Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing
Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 147-157.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017).
Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1-17.
Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2014).
Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Sentra Kabupaten Malang). Modernisasi, 23-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fadia Wardatul Jannah, Gusti Permana, Azi Permana, Galih Permana, Iqhfar Maulana, Delfitriani Delfitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.