PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI PENERAPAN CREATIVE DIGITAL MARKETING DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Authors

  • Fadia Wardatul Jannah a:1:{s:5:"en_US";s:49:"Teknologi Industri Pertanian, Universitas Djuanda";}
  • Gusti Permana Universitas Djuanda
  • Azi Permana Universitas Djuanda
  • Galih Permana Universitas Djuanda
  • Iqhfar Maulana Universitas Djuanda
  • Delfitriani Delfitriani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.5473

Keywords:

Business Model Canvas, Digital Marketing, E-commerce, Madu

Abstract

Provinsi Jawa Barat merupakan penghasil madu terbesar di Indonesia. Jumlah peta hutan lebah mencapai 5.300 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di seluruh pulau Jawa dan Madura. Desa Bojongmurni memiliki potensi budidaya lebah dan penghasil nektar, di Desa tersebut memiliki lahan yang subur tetapi tidak produktif seluas 3 Ha yang dapat digunakan sebagai komoditas tanaman penghasil nektar serta herbal. Upaya peningkatan produktivitas madu dilakukan dengan penerapan creative digital marketing , dibuat Business Model Canvas (BMC) sebagai strategi manajemen produk madu, produk madu dipasrkan menggunakan media social dan E-commerce

References

[BPOM] Badan Pengawas Obat dan Makanan

Republik Indonesia. 2018. PeraturanBadan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 TentangLabel Pangan Olahan. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.

Peraturan Badan Pengawas Obat dan

Makanan Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Kemasan Pangan.

BPO Peraturan Badan Pengawas Obat dan

Makanan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2018/bn1106-2018.pdf (diunduh pada 8 April 2019)

Lima, D. 2019. Inventarisasi Jenis-Jenis

Tanaman Penghasil Nektar Dan PolenSebagai Pakan Lebah Madu Apis Mellifera Di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Universitas Pattimura. No 2 (7).

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing

Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 147-157.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017).

Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1-17.

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2014).

Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Sentra Kabupaten Malang). Modernisasi, 23-37.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Jannah, F. W., Permana, G., Permana, A., Permana, G., Maulana, I., & Delfitriani, D. (2022). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI PENERAPAN CREATIVE DIGITAL MARKETING DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 167–171. https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.5473

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 53 times