SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN KOPI LOKAL

Authors

  • Wachdijono Wachdijono Wachdijono Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon
  • Siti Wahyuni Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Umi Trisnaningsih Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.5308

Keywords:

kopi lokal, kuningan, pemasaran, sosialisasi, swot

Abstract

Kopi merupakan komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. Permintaan kopi sangat tinggi, baik untuk permintaan dalam negeri sendiri maupun untuk ekspor. Pada umumnya kopi dijual dalam bentuk kopi biji (greenbean), biji sangrai (roasting) dan kopi bubuk. Namun pada faktanya, pemasaran kopi local belum berjalan optimal yang tercermin dari rendahnya omset penjualan atau adanya kesulitan pemasaranan.  Untuk itu diperlukan suatu upaya untuk dapat meningkatkan omset penjualan, khususnya untuk  kopi lokal.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya penyusunan strategi pemasaran kopi local di kelompok tani “Sekar Manik” Desa Cibeureun  Kecamatan Cilimus  Kabupaten  Kuningan Provinsi  Jawa  Barat.  Pengabdian dilakukan pada bulan Desember 2021.  Metode yang digunakan adalah analisis swot (streng, weaknesess, opportunities, treath). Hasil pengabdian menyimpulkan bahwa rumusan strategi pemasaran kopi lokal di Desa Cibeureum Kecamat at Cilimus Kabupaten Kuningan adalah strategi pertumbuhan melalui  integrasi horizontal (sel 5).  Implementasi dari strategi ini adalah peningkatan penjualan kopi lokal yang dapat ditempuh melalui beberapa cara, antara lain: memasuki segmen pasar baru, pemasaran secara online (digital marketing) dan diversifikasi produk.  Adanya gambaran rumusan strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumberdaya petani dan sekaligus dapat membangkitkan semangat kelompok tani “Sekar Manik” untuk tetap memelihara dan meningkatkan produktifitas kopinya.

Author Biography

Wachdijono Wachdijono Wachdijono, Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon

Program Studi Agribisnis

References

Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Industri, 4(2), 74–81.

Arianti, Y. S., & Waluyati, L. R. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Merah di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 256–266. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.4

Badan Pusat Statistik. (2020). Kabupaten Kuningan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan. https://bit.ly/3AIYfhP

Ciremaitoday. (2019). BI Cirebon Resmikan Desa Wisata Cibeureum, Kuningan. Konten Media Partner. https://bit.ly/3KXfr7T

Freddy Rangkuti. (1997). ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Lolita, A. (2013). Strategi Pengembangan Usaha Coffee Shop De Koffie-Pot di Kota Bogor, Jawa Barat. Universitas Negeri Islam Hidayatullah, 2662, 168–178.

Maryani, D. Y., Rochdiani, D., & Setia, B. (2020). Strategi Pengembagan Bisnis Kedai Kopi“Ai Coffee” Di Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), 739. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4007

Muhammad Bey Tasmara Sumitro. (2019). Analisis tingkat kepuasan petani kopi arabika terhadap pedagang pengumpul dan strategi bisnis usahatani kopi arabika di pematang raya kecamatan raya kabupaten simalungun. In Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nia Rosiana. (2020). Dinamika pola pemasaran kopi pada wilayah sentra produksi utama di Indonesia. Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 5(1), 1–10.

Rina Suci. (2019). Ngopi di Desa Wisata Kopi Cibeureum Kuningan. Jurnal Jabar. https://bit.ly/3KUiLAB

Sigit Winarno, & Ismaya, S. (2007). Kamus Besar Ekonomi. Pustaka Grafika.

Sulistiowati , Yohana Tyas; Mulyo Aji, Joni Murti dan Hartadi, R. (2017). Analisis nilai tambah dan tingkat produktivitas kerjaserta strategi pengembangan. 10(2), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jsep.v10i2.5286

Sulistiowati, Y. T., Aji, J. M. M., & Hartadi, R. (2017). Analisis Nilai Tambah Dan Tingkat Produktivitas Kerja Serta Strategi Pengembangan Home Industry Gula Kelapa Di Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 1(1). https://doi.org/10.32528/agribest.v1i1.1253

Tamaradewi, R. N., Miftah, H., & Yusdiarti, A. (2019). ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI (Coffea, sp) DI KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) CIBULAO HIJAU. Jurnal Agribisains, 5(2). https://doi.org/10.30997/jagi.v5i2.2322

Wachdijono, & Jaeroni, A. (2021). Pemasaran kopi pada era ke tiga di kabupaten kuningan. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1295. https://doi.org/10.25157/ma.v7i2.5235

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Wachdijono, W. W., Wahyuni, S., & Trisnaningsih, U. (2022). SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN KOPI LOKAL. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 275–285. https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.5308

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 53 times