TINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI “RUMAH EDUKASI” SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Megan Asri Humaira Universitas Djuanda Bogor
  • Mohamad Ali Nabrowi Basyaiban Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4531

Keywords:

minat baca, minat belajar, pembelajaran daring, rumah edukasi

Abstract

Rendahnya tingkat minat baca siswa menunjukkan bahwa Indonesia belum optimal dalam mengembangkan proses pendidikan, khususnya siswa sekolah dasar. Diberlakukannya pembelajaran daring, membuat siswa jenuh dan bosan sehingga berpengaruh juga terhadap minat baca mereka. Siswa bahkan malas membaca buku pelajaran, bahkan membuka buku saja jika akan mengerjakan pekerjaan rumah dari guru. Hal ini juga dikeluhkan oleh para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Dengan program rumah edukasi dan penerapan sistem 3S, pelaksanaan program rumah edukasi ini mendapat respon yang positif dari masyarakat sekitar Desa Tugu Utara. Bahkan, siswa-siswa peserta rumah edukasi saat ini gemar membaca buku.

Author Biography

Megan Asri Humaira, Universitas Djuanda Bogor

Google Scholar ;

SCOPUS ; SINTA ; ORCHID

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Djuanda Bogor

 

References

Damayanti, N. P. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Google Classroom Terhadap Minat Baca Saat Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 246–256.

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah.

Kholianti. (2011). Hubungan Antara Frekuensi Kunjung Sekolah dengan Minat Baca Siswa Kelas IV di SDN 3 Sentulo [Skripsi]. Universitas Negri Yogyakarta.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini. Yogyakarta: Think.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Ramadhini, S., Barsihanor, B., Arifin, M. F., & Hafiz, A. (2020). UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI BUDAYA LITERASI DI SDIT QURRATA A’YUN KANDANGAN. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 61–71.

Ricardo, R., & Meilani, R. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.

Rifnida, R., Abdulloh, A., & Helili, E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 63–72.

Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah pada masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Humaira, M. A., & Basyaiban, M. A. N. . (2021). TINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI “RUMAH EDUKASI” SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING. ardhul asan: edia engabdian epada asyarakat, 7(3), 146–152. https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4531

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 168 times

Most read articles by the same author(s)