TINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI “RUMAH EDUKASI” SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4531Keywords:
minat baca, minat belajar, pembelajaran daring, rumah edukasiAbstract
Rendahnya tingkat minat baca siswa menunjukkan bahwa Indonesia belum optimal dalam mengembangkan proses pendidikan, khususnya siswa sekolah dasar. Diberlakukannya pembelajaran daring, membuat siswa jenuh dan bosan sehingga berpengaruh juga terhadap minat baca mereka. Siswa bahkan malas membaca buku pelajaran, bahkan membuka buku saja jika akan mengerjakan pekerjaan rumah dari guru. Hal ini juga dikeluhkan oleh para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Dengan program rumah edukasi dan penerapan sistem 3S, pelaksanaan program rumah edukasi ini mendapat respon yang positif dari masyarakat sekitar Desa Tugu Utara. Bahkan, siswa-siswa peserta rumah edukasi saat ini gemar membaca buku.
References
Damayanti, N. P. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Google Classroom Terhadap Minat Baca Saat Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 246–256.
Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah.
Kholianti. (2011). Hubungan Antara Frekuensi Kunjung Sekolah dengan Minat Baca Siswa Kelas IV di SDN 3 Sentulo [Skripsi]. Universitas Negri Yogyakarta.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).
Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini. Yogyakarta: Think.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Ramadhini, S., Barsihanor, B., Arifin, M. F., & Hafiz, A. (2020). UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI BUDAYA LITERASI DI SDIT QURRATA A’YUN KANDANGAN. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 61–71.
Ricardo, R., & Meilani, R. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.
Rifnida, R., Abdulloh, A., & Helili, E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 63–72.
Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah pada masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Megan Asri Humaira, Mohamad Ali Nabrowi Basyaiban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.