OPTIMALISASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN SECARA ONLINE

Authors

  • Nurwanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Gus Nanang Syaifuddiin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Fitayani Intan Pradani, M.Kom. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4377

Abstract

UD. Banyu Urip merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang penjualan pompa air segala jenis dan merk beserta perlengkapannya serta menyediakan jasa perbaikan atau service pompa air dan juga pengeboran sumur. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini, menuntut semua orang dan semua bidang termasuk UMKM untuk bisa  beradaptasi dan juga menerapkan teknologi sebagai salah satu pendukung dalam kegiatannya, akan tetapi UD. Banyu Urip tidak memiliki media online seperti website sebagai media promosi dan penjualan. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak memiliki pengetahuan mengenai pemasaran melalui website sehingga jangkauan konsumennya sangat terbatas serta menurunnya omset dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hasil dari kegiatan PKM berupa website yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan penjualan secara online serta dilakukan pelatihan kepada mitra untuk mengelola website tersebut. Hasil pelatihan yang dilakukan, salah satu karyawan UD. Banyu Urip mampu mengelola website secara penuh.

Kata Kunci: E-Commerce, Website, Promosi, Penjualan

References

Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2486

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Strategi Promosi, 1(April), 1–10.

R.S.Pressman. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku. In Yogyakarta: Andi. Andi.

Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Nurwanto, Gus Nanang Syaifuddiin, & Fitayani Intan Pradani, M.Kom. (2022). OPTIMALISASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN SECARA ONLINE . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 79–84. https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4377

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 101 times

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.