OPTIMALISASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN SECARA ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4377Abstract
UD. Banyu Urip merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang penjualan pompa air segala jenis dan merk beserta perlengkapannya serta menyediakan jasa perbaikan atau service pompa air dan juga pengeboran sumur. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini, menuntut semua orang dan semua bidang termasuk UMKM untuk bisa beradaptasi dan juga menerapkan teknologi sebagai salah satu pendukung dalam kegiatannya, akan tetapi UD. Banyu Urip tidak memiliki media online seperti website sebagai media promosi dan penjualan. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak memiliki pengetahuan mengenai pemasaran melalui website sehingga jangkauan konsumennya sangat terbatas serta menurunnya omset dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hasil dari kegiatan PKM berupa website yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan penjualan secara online serta dilakukan pelatihan kepada mitra untuk mengelola website tersebut. Hasil pelatihan yang dilakukan, salah satu karyawan UD. Banyu Urip mampu mengelola website secara penuh.
Kata Kunci: E-Commerce, Website, Promosi, Penjualan
References
Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2486
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Strategi Promosi, 1(April), 1–10.
R.S.Pressman. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku. In Yogyakarta: Andi. Andi.
Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurwanto, Gus Nanang Syaifuddiin, Fitayani Intan Pradani, M.Kom.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.