PELATIHAN MENYUSUN PROGRAM KERJA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH AMAN DAN NYAMAN

Authors

  • Mahlianurrahman Mahlianurrahman Universitas Samudra
  • Muhammad Febri Rafli Universitas Samudra
  • Rapita Aprilia Universitas Samudra
  • Alpidsyah Putra Universitas Samudra
  • Auliaurrahman Auliaurrahman Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.8271

Keywords:

Kurikulum Merdeka; Program kerja; Sekolah Dasar

Abstract

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum pendidikan nasional. Kurikulum Merdeka medorong guru untuk menyusun program kerja yang berpihak kepada peserta didik sebagai upaya untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman. Fakta yang terjadi menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun program kerja yang berpihak kepada peserta didik untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman. Oleh karena itu pelatihan ini sangat perlu untuk dilakukan, sehingga kemampuan guru dalam menyusun program kerja yang berpihak kepada peserta didik untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah metode Asset Based Community Development (ABCD). Guru yang memiliki kemampuan dalam menyusun program kerja untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman setelah mengikuti kegiatan pelatihan mencapai 92,6 %.

 

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947-9957.

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar: Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185-194.

Marlina, T. (2022, June). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72).

Marwansya, M., Ismail, F., & Adib, H. S. (2021). Evaluasi Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam SD Kecamatan Banyuasin I. Muaddib: Islamic Education Journal, 4(1), 8-20.

Muslimin, M. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 193-200.

Mustofa, M., & Mariati, P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13-18.

Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Rismita, R., Istaryatiningtias, I., & Bunyamin, B. (2021). Evaluasi Implementasi Program Kerja Guru Dalam Merancang Pembelajaran. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 109-114.

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28-33.

Suheriyantini, S., Asrin, A., Fahruddin, F., Al Idrus, A., & Hakim, M. (2023). Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Memperbaiki Kompetensi Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 22-30.

Tolchah, M. (2018). Rekonstruksi Program Kelompok Kerja Guru SD/MI Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Tambaksari Surabaya. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Maanajemen Islam, 8(2), 867-890.

Wartoni, W., & Kartowagiran, B. (2013). Evaluasi Keefektifan Kelopmpok Kerja Guru (KKG) Pada Program Bermutu di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(1), 93-102.

Yunus, M. (2022). Pengaruh Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Jurnal Education and Development, 10(2), 612-617.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Mahlianurrahman, M., Febri Rafli, M. ., Aprilia, R., Putra, A. ., & Auliaurrahman, A. (2023). PELATIHAN MENYUSUN PROGRAM KERJA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH AMAN DAN NYAMAN. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 78–82. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.8271

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 106 times