PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SMA TERBUKA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN E-MEDIA
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v6i1.2557Keywords:
pelatihan, pendampingan, media pembelajaran interaktif, sekolah terbuka, asset based community developmentAbstract
Sekolah Terbuka merupakan satu bentuk pendidikan formal yang penyelenggaraanya berdiri sendiri tetapi masih menjadi bagian dari sekolah induk yang penyelenggaraan pendidikannya menggunakan metode belajar secara mandiri. Di sekolah terbuka, siswa belajar dengan bantuan dari guru seminimal mungkin dan menggunakan modul sebagai bahan ajar utama. Pembelajaran dengan sistem terbuka memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya kepada anak-anak lulusan Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama atau sederajat yang tidak dapat mengikuti pendidikan sekolah reguler karena berbagai hambatan yang dimiliki. Kegiatan Pengabdian bagi Masyarakat yang dilakukan ini berupa kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru-guru SMA Terbuka di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Target yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan keterampilan guru-guru dalam mengoperasikan aplikasi pembuat media pembelajaran elektronik. Aplikasi yang digunakan dalam membuat media pembelajaran elektronik ini adalah Sparkol Video Scribe, Power Point, dan Camtasia Studio. Metode dari kegiatan ini menggunakan metode ABCD (Assets Based Community Development) yang difokuskan pada pengembangan aset manusia (human capital). Tahapan kegiatan dimulai dengan pendaftaran peserta, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang media pembelajaran elektronik, proses install aplikasi, dilanjutkan dengan penyampaian materi utama tentang Sparkol Video Scribe, Power Point, atau Camtasia Studio. Pelatihan dilakukan sebanyak tiga kali tatap muka dengan materi utama yang berbeda-beda. Tahap selanjutnya yaitu memberikan tugas yang dikerjakan secara mandiri, yaitu membuat media pembelajaran, kepada peserta sesuai dengan bidang ajarnya. Sebagai bagian dari tahap penyempurnaan, peserta diberi pendampingan mulai dari perancangan, pembuatan, dan tahap finishing selama 2 minggu. Setiap peserta diharuskan menghasilkan 2 media yang berbeda.References
Anwariningsih, H. S. (2014). Kesiapan penggunaan ICT pada sekolah dasar di daerah rural dalam perubahan paradigma pembelajaran. Seminar Nasional dan Call for Papers UNIBA. Banjarmasin: UNIBA.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Petunjuk pelaksanaan pembelajaran sekolah menengah atas terbuka. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Green, G. P., & Haines, A. (2015). Asset Building & Community Development. SAGE Publication.
Latip, A. (2017, Desember 31). Kompasiana. Retrieved from Tantangan SMA Terbuka di Jawa Barat: https://www.kompasiana.com/altip/5a485a66dd0fa835ed469da2/tantangan-sma-terbukadi-jawa-barat
Mayer. (2009). Multi media learning, prinsip-prinsip dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang pasal 3 nomor 20. Jakarta: Kemendikbud.
Republik Indonesia. (2013). Permendikbud nomor 72. Jakarta: Kemendikbud.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Petunjuk pelaksanaan pembelajaran sekolah menengah atas terbuka. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Green, G. P., & Haines, A. (2015). Asset Building & Community Development. SAGE Publication.
Latip, A. (2017, Desember 31). Kompasiana. Retrieved from Tantangan SMA Terbuka di Jawa Barat: https://www.kompasiana.com/altip/5a485a66dd0fa835ed469da2/tantangan-sma-terbukadi-jawa-barat
Mayer. (2009). Multi media learning, prinsip-prinsip dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang pasal 3 nomor 20. Jakarta: Kemendikbud.
Republik Indonesia. (2013). Permendikbud nomor 72. Jakarta: Kemendikbud.
Downloads
Published
2020-04-28
How to Cite
Wulandari, R. W., & Maryani, N. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SMA TERBUKA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN E-MEDIA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 39–48. https://doi.org/10.30997/qh.v6i1.2557
Issue
Section
Articles
License
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.