PROGRAM SOSIALISASI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN ANGKA HARAPAN LAMA SEKOLAH (HLS)
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1184Keywords:
educational socialization program, expected years of schooling, formal education, community empowerment activities.Abstract
Program Sosialisasi Pendidikan merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membantu pemerintah Kabupaten Bogor untuk meningkatkan Angka Harapan Lama Sekolah (HLS) anak-anak terhadap pendidikan formal. Kegiatan ini berbentuk serangkaian kegiatan yang terdiri dari sosialisasi minat belajar di PAUD, sosialisasi wajib belajar 12 tahun, pengadaan taman baca, dan kegiatan bimbingan belajar. Tujuan dari kegiatan ini antara lain (1) meningkatkan minat masyarakat terhadap PAUD; (2) meningkatkan minat masyarakat terhadap pendidikan formal; (3) meningkatkan literasi pengetahuan dengan membaca; dan (4) meningkatkan aktivitas peserta didik di bidang pendidikan. Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini, yaitu (1) analisis situasi, adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data hasil observasi serta melakukan pemetaan permasalahan; (2) perancangan kegiatan, dilakukan setelah permasalahan diketahui dan dipetakan kemudian merumuskan solusi tepat yang akan diterapkan; dan (3) pengimplementasian kegiatan, dilakukan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Sosialisasi ini memberikan dampak kepada masyarakat dalam bentuk motivasi pendidikan dan aktivitas pemberdayaan masyarakat.
References
BPS Jabar. (2015, November 19). Indeks Pembangunan Manusia Metoda Baru Provinsi Jawa Barat dan KAbupaten/Kota Tahun 2010-2014. Retrieved from www.bps.go.id.
Handayani, N. S., Bendesa, I., & Yuliarmi, N. (2016). Pengaruh Jumlah Penduduk, Angka Harapan Hidup, Rata-Rata Lama Sekolah, dan PDRB Per Kapita Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(10), 3449-3474.
Hasan, M. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Kun, M. (2005). Sosiologi 1. Jakarta: Esis.
Mudyahardjo, R. (2002). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Narwoko, D., & Suyanto, B. (2006). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.
Nofijantie, L. (2014, Januari). Peran Lembaga Pendidikan Formal sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Tarbiyah "At-Tajdid", 3(1), 45-71.
Oemar, H. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan (5 ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Soegeng, S. (2006, Desember). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Menuju Anak yang Sehat dan Cerdas Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(7), 93-99.
Sulisetyowati, A. (2016). Dukungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Ilmu Kebidanan, 2(2), 71-78.
Tilaar. (1999). Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ulfatin, N., Mukhadis, A., & Imron, A. (2010, Februari). Profil Wajib Belajar 9 Tahun dan Alternatif Penuntasannya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 36-45.
Wardani, W. K. (2013). Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun di Provinsi DKI Jakarta (Studi Kota Administrasi Jakarta Timur). Semarang: Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.