FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS di BSI EX BSM )
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari religiusitas, pengetahuan produk, kualitas pelayanan, lokasi, dan biaya administrasi terhadap minat menabung di Bank BSI Ex BSM Jakarta Timur. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini yaitu nasabah yang memiliki minat menabung di Bank BSI Ex BSM Jakarta Timur. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 130 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil yang didapat dari penelitian ini menyatakan bahwa religiusitas dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, sedangkan kualitas pelayanan, lokasi, dan biaya admisnitrasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Ani Nur Faidah, S. A. (2018). Pegaruh Pengetahuan Produk Terhadap Perilaku Memilih Lembaga Keuangan Syariah Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi pada masyarakat muslim desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang). El-Qist, 08(01), 1524–1546.
Bawono, A., & Oktaviani, M. F. R. (2016). Analisis Pemahaman, Produk, dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Menjadi Nasabah Bank Syariah Cabang Salatiga. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(1), 29. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.29-53
Chairul Anwar, Yunita Sari, T. M. B. (2012). Analisis Penggunaan Anggaran Biaya Administrasi Umum Dan Efisiensi Terhadap Peningkatan Kinerja Supervisor (Studi Kasus pada PT. Lautan Teduh Interniaga Bandar Lampung). Akuntansi & Keuangan, 3, 139–152.
Damayanti, S. (2017). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412
Dita Permata Syafitri, A. S. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Donatur Baitul Maal Hidayatullah Cabang Kediri. 1(2), 128–143.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Badan Peneribit Universitas Diponegoro Semarang.
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790
Herliansyah, Y., Nugroho, L., Ardilla, D., & Putra, Y. (2020). The Determinants of Micro, Small and Medium Enterpreneur (MSME) Become Customer of Islamic Banks (Religion, Religiousity and Location of Islamic Banks). 2. https://doi.org/10.4108/eai.26-3-2019.2290775
Kasmir. (2012a). Manajemen Perbankan (Raja Grafindo Persada (ed.)).
Kasmir, D. (2012b). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. RajaGrafindo Persada.
Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05(01), 37–48. jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jmm17/article/download/1712/1450
Lestari, N. (2015). Prinsip Bagi Hasil Pada Perbankan Syari’Ah. Jurnal Hukum Sehasen, 1(1), 46–66.
OJK. (2020). SPS Perbankan Syariah 2020. Journal of Chemical Information and Modeling.
Olivia, H., Tanjung, D. F., & Sugianto. (2020). Pengaruh Margin Keuntungan dan Biaya Administrasi Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Kpr Syariah Pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Binjai. Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS), 521–529. http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/490
Pertiwi, D., & Ritonga, H. (2012). Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat Di Kota Kisaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 14868.
Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management Journal, 1(3), 169–184.
Sentot Imam Wahjono. (2010). Manajemen Pemasaran Bank (Graha Ilmu (ed.)).
Slamet Riyanto, A. A. H. (2020a). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Slamet Riyanto, A. A. H. (2020b). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen). CV. Budi Utama.
Suliswanto, M. S. W., Muhajirin, M., Yuli, S. B. C., & Abdullah, M. F. (2020). Analysing the Impact of Religiousity towards Human Welfare among Employee of University of Muhammadiyah Malang. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 33. https://doi.org/10.22219/jes.v5i1.11662
Supriyadi, D., & Delvina, A. (2018). Strategi Perbankan Syariah Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Ib Maslahah Di Bank Bjb Syariah Kcp Cianjur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yusuf Sukman, J. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4, 9–15.