FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS di BSI EX BSM )

Main Article Content

Renita Maharani
Trisiladi Supriyanto
Mira Rahmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari religiusitas, pengetahuan produk, kualitas pelayanan, lokasi, dan biaya administrasi terhadap minat menabung di Bank BSI Ex BSM Jakarta Timur. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini yaitu nasabah yang memiliki minat menabung di Bank BSI Ex BSM Jakarta Timur. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 130 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil yang didapat dari penelitian ini menyatakan bahwa religiusitas dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, sedangkan kualitas pelayanan, lokasi, dan biaya admisnitrasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung.


 

Article Details

How to Cite
Maharani, R. ., Supriyanto, T. ., & Rahmi, M. . (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH : (STUDI KASUS di BSI EX BSM ). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 127–136. https://doi.org/10.30997/jsei.v7i2.4483
Section
Articles

References

Ani Nur Faidah, S. A. (2018). Pegaruh Pengetahuan Produk Terhadap Perilaku Memilih Lembaga Keuangan Syariah Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi pada masyarakat muslim desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang). El-Qist, 08(01), 1524–1546.

Bawono, A., & Oktaviani, M. F. R. (2016). Analisis Pemahaman, Produk, dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Menjadi Nasabah Bank Syariah Cabang Salatiga. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(1), 29. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.29-53

Chairul Anwar, Yunita Sari, T. M. B. (2012). Analisis Penggunaan Anggaran Biaya Administrasi Umum Dan Efisiensi Terhadap Peningkatan Kinerja Supervisor (Studi Kasus pada PT. Lautan Teduh Interniaga Bandar Lampung). Akuntansi & Keuangan, 3, 139–152.

Damayanti, S. (2017). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412

Dita Permata Syafitri, A. S. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Donatur Baitul Maal Hidayatullah Cabang Kediri. 1(2), 128–143.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Badan Peneribit Universitas Diponegoro Semarang.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790

Herliansyah, Y., Nugroho, L., Ardilla, D., & Putra, Y. (2020). The Determinants of Micro, Small and Medium Enterpreneur (MSME) Become Customer of Islamic Banks (Religion, Religiousity and Location of Islamic Banks). 2. https://doi.org/10.4108/eai.26-3-2019.2290775

Kasmir. (2012a). Manajemen Perbankan (Raja Grafindo Persada (ed.)).

Kasmir, D. (2012b). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. RajaGrafindo Persada.

Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05(01), 37–48. jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jmm17/article/download/1712/1450

Lestari, N. (2015). Prinsip Bagi Hasil Pada Perbankan Syari’Ah. Jurnal Hukum Sehasen, 1(1), 46–66.

OJK. (2020). SPS Perbankan Syariah 2020. Journal of Chemical Information and Modeling.

Olivia, H., Tanjung, D. F., & Sugianto. (2020). Pengaruh Margin Keuntungan dan Biaya Administrasi Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Kpr Syariah Pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Binjai. Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS), 521–529. http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/490

Pertiwi, D., & Ritonga, H. (2012). Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat Di Kota Kisaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 14868.

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management Journal, 1(3), 169–184.

Sentot Imam Wahjono. (2010). Manajemen Pemasaran Bank (Graha Ilmu (ed.)).

Slamet Riyanto, A. A. H. (2020a). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Slamet Riyanto, A. A. H. (2020b). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen). CV. Budi Utama.

Suliswanto, M. S. W., Muhajirin, M., Yuli, S. B. C., & Abdullah, M. F. (2020). Analysing the Impact of Religiousity towards Human Welfare among Employee of University of Muhammadiyah Malang. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 33. https://doi.org/10.22219/jes.v5i1.11662

Supriyadi, D., & Delvina, A. (2018). Strategi Perbankan Syariah Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Ib Maslahah Di Bank Bjb Syariah Kcp Cianjur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yusuf Sukman, J. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4, 9–15.