IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL

Wildan Munawar, Qomaruddin S

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen mutu dan implementasinya berdasarkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 di BAZNAS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen mutu BAZNAS terdiri dari lima struktur dokumentasi yaitu kebijakan mutu, pedoman mutu, prosedur mutu, instruksi kerja, dan dokumen rekaman. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa faktor utama dalam implementasi SMM ISO 9001: 2008 masih ada yang dianggap menjadi faktor pendukung dan ada juga faktor pendukung yang dianggap menjadi faktor utama. Sedangkan implementasi SMM ISO 9001: 2008 di BAZNAS melalui analisis Importance Performance Analysis (IPA) dinyatakan telah sesuai dengan ISO 9001: 2008, akan tetapi masih terdapat variabel-variabel yang implementasinya rendah yaitu perencanaan dan sarana dan prasarana, sehingga variabel tersebut perlu ditingkatkan.

Kata kunci: Implementasi Sistem Manajemen Mutu, ISO

Full Text:

PDF

References

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Huda, Nurul dan Mohamad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dalam Praktis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siswanto, B. 2005. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rusdiana, Febriyan. 2010. Analisis Penerapan ISO 9001:2000 Pada Badan Amil Zakat Nasional, Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

SNI ISO 9001:2008. 2016. Sistem Manajemen Mutu–Persyaratan. Diunduh tanggal 4 Februari 2016 dari https://if08030.files.wordpress.com/2011/06/sni_iso9001_2008.pdf

SNI ISO 9000:2005. 2016. Sistem Manajemen Mutu–Dasar-dasar dan Kosakata.Diunduh tanggal 4 Februari 2016 dari https://if08030.files.wordpress.com/2011/06/sni_iso9001_2008.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.