HUTANG PIUTANG DALAM TRANSAKSI TAWARRUQ DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 282

Main Article Content

Taufik Taufik
Sofian Muhlisin

Abstract

At-tawarruq adalah bentuk akad jual beli yang melibatkan tiga pihak, ketika pemilik barang menjual barangnya kepada pembeli pertama dengan harga dan pembayaran tunda, dan kemudian pembeli pertama menjual barang tersebut kepada pembeli akhir. Harga tunda lebih tinggi dari harga tunai, sehingga pembeli pertama seperti mendapatkan pinjaman uang dengan pembayaran tunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hukum hutang piutang dalam transaksi tawarruq ditinjau dari tafsir al Qur’an surat al-Baqarah ayat 282.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah diskriptifkualitatif dan studi pustaka, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer ialah data yang akan diambil dari al Quran surat al-Baqarah ayat 282. Data Sekunder ialah data sumber data tambahan, terdiri dari al Hadits, dokumen-dokumen, jurnal, majalah, buku, internet dan beberapa literatur lainnya yang ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan hukum hutang piutang dalam transaksi tawarruq dari pihak pertama kepada pihak kedua halal selama akad dan syarat-syarat jual beli secara kredit tersebut jelas dan dilakukan secara kerelaan, demi mencari keridhaan Allah.

Article Details

How to Cite
Taufik, T., & Muhlisin, S. (2015). HUTANG PIUTANG DALAM TRANSAKSI TAWARRUQ DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 282. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 1(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v1i1.260
Section
Articles

References

Penulis Ascarya. 2011. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Al-Fauzan, Syekh Shalih, Al-Ustsaimen Shalih Syekh, Bazz Bin Aziz Abdul, Syekh, As-Sa’di Abdurrrahman. 2008. Fikih Jual Beli. Jakarta: senayan publishing.
Ad-Dimasyqi, Kasir, Ibnu Isa’il Fida Abu Al-Imam. 2011. Tafsir Ibnu Kasir. Juz 3.terjemah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Al-Maragi, Musthafa Ahmad. 1993. Tafsir Al-Maragi, juz 3. terjemah. Semarang: PT. Karya Toha Putra.
Al-Ja’fi, Al-Bukhari ‘Abdillah Abu Isma’il Bin Muhammad. 2008. Shahih Al-Bukhari. Dimaskus: Dar Thuwaqun Nahjah.
Al-Zarqani, Adzim Abdul Muhammad Syaekh. 2002.Manahil Al-‘Urfan Fi ‘Ulumul Quran, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Ghazaly, Rahman Abd dkk. 2010. Fiqih Muamalat. Jakarta: Kencana Kenada Media Group.
Kementrian Agama RI. 2012. Al Quran dan Tafsirnya.jilid 1. Indonesia: PT. Sinerga Pustaka Indonesia.
Muhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi Gp Press Grup.
Najah,Daeng Hr. 2011. Akad Bank Syariah. Yogyakarta: Pustaka Yestisia.
Shihab, Quraisy M. 2009. Tafsir al-Mishbah.Tangerang: Lentera Hati.
Sabiq, Sayyid Muhammad. 2009. Fiqih Sunnah. Jakarta Pusat: PT Pena Pundi Aksara. cet.1. Sayis, Ali M, Tafsir Ayat Ahkam. Kairo: Universitas Syariah Islam.
Zuhaily, Wahbah. 2009. al-Tafsir al-Munir fi al-‘Qidah wa as-Syari’ah wa al-Manhaj.jilid 3. Dimaskus: Darul Fikri Sumber Internet Herijanto,Hendry.Huscikceolah.Hukum Tawarruq Berdasarkan Kajian Fiqih Terpadu duscikceolah.wordpress.com.
Wasitho, Muhammad. Bahaya Hutang Piutang Menurut Pandangan Islam. Abu fawaz.wordpress.com