ANALISIS PERATURAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL UNIFORM CUSTOMS AND PRACTICE FOR DOCUMENTARY CREDIT (UCPDC) REVISI 600 DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Main Article Content

Rian Alfi
Tubagus Rifqy Thantawi

Abstract

ABSTRAK
Letter of Credit (L / C) adalah metode pembayaran yang paling populer di dunia. International Chamber of Commerce (ICC) mengeluarkan Uniform Customs Dan Praktek Untuk Documentary Credit (UCPDC) sebagai aturan untuk menyesuaikan L / C. Saat ini berlaku UCPDC adalah UCPDC revisi 600 pada tahun 2007 yang dikenal sebagai UCP 600.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini adalah semua yang terkandung dalam pasal-pasal UCP 600. sedangkan data sekunder adalah buku teks, jurnal, tesis, artikel, majalah, surat kabar, dan beberapa data dari website yang berhubungan dengan UCP 600, perdagangan internasional dan hukum Islam.
Berdasarkan hasil ini setidaknya ada 5 artikel yang bertentangan dengan hukum Islam. Di antara mereka yang pertama adalah pasal 4 masalah whichhave dalam kontrak. Yang kedua adalah artikel 5which melarang bank untuk berurusan dengan barang-barang ketika bank dapat bertindak sebagai pembeli dalam variasi kontrak yang diperbolehkan dalam fatwa DSN MUI. Yang ketiga adalah pasal 7 yang memungkinkan pembayaran sebelum mencocokkan barang dengan dokumen. Yang keempat adalah pasal 13 yang mewajibkan bank penerbit untuk membayar denda dengan bunga kondisi.
Kata kunci: Uniform Customs Dan Praktek Untuk Documentary Credit (UCPDC) Revisi 600, UCP 600

Article Details

How to Cite
Alfi, R., & Thantawi, T. R. (2015). ANALISIS PERATURAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL UNIFORM CUSTOMS AND PRACTICE FOR DOCUMENTARY CREDIT (UCPDC) REVISI 600 DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 23–37. https://doi.org/10.30997/jn.v1i1.214
Section
Articles

References

Black, Henry Campbell. 1979. Black’s Law Dictionary, 5th Ed. USA: West Publishing Co.
Chapra, M. Umer. 2001. Towards A Just monetary System terjemahan Ikhwan Abidin Basri dengan judul Terjemahan “Sistem Moneter Islam”. Jakarta: Gema insani Press bekerja sama dengan Tazkia Cendekia.
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Internasional Chamber of Commerce. 2007. United Customs and Practices for Documentary Credit ICC Publication No. 600 Revision 2007. International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance (ISRA). 2012. Islamic Financial System: Principles and Operations, Kuala Lumpur: ISRA. Karim, Adiwarman A. 2009. Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009. Miru, Ahmadi. 2012. Hukum Kontrak Bernuansa Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Nazir, Habib dan Muhammad Hassanuddin, S. Ag. Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah. Jakarta : Kaki Langit. 2004.
Rosmawani Che Hashim, Ahmad Azam Othman dan Akhtarzaite Abdul Aziz, Principle of Autonomy In Letter Of Credit (LC) – An Overview From Legal And Shariah Perspective dipresentasikan pada 4th International Conference On Business And Economic Research (4th ICBER 2013) Proceeding, 2013. Warsidi. 2003. Ekspor-Impor Terapan. Surabaya: Karya Abditama Suryabaya. Zaidan, Abdul Karim. 2008. Al Wajiz fi Syarhi Al-Qawa’id Al-Fiqhiyyah fi Asy-Syari’ah al-Islamiyyah Diterjemahkan oleh Muhyiddin Mas Rida dengan judul “Al-Wajiz: 100 Kaidah Fikih Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.
Sharifah, Alwi, Faigah Syed, Ibrahim, Uzaimah & Sawari, Mohd Fuad. 2013. An Issue Uniform Customs dan Practice for Documentary Credits (UCP) No 600 for Islamic Letter of Credit dalam Jurnal Internasional Conference on Economics and Business Research 2013 (ICEBR 2013). Published by Elsevier B.V. Selection.