ANALISIS PERBANDINGAN KARTU KREDIT KONVENSIONAL DAN KARTU KREDIT SYARIAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF TUJUAN PENGGUNAAN

Main Article Content

Syifa Syifa
Sofian Muhlisin
Sahlan Hasbi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara pengguna kartu kredit konvensional dan kartu kredit syariah sehingga dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat kepemilikan dan tujuan penggunaan antara kartu kredit konvensional dan syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif dengan teknik penelitian field research. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan faktor minat kepemilikan kartu kredit konvensional adalah lebih kepada kebutuhan transaksi pembelanjaan dan kartu kredit syariah lebih kepada keinginan yang sesuai dengan syariah. Adapun tujuan penggunaan responden pengguna kartu kredit konvensional dengan jumlah persentase yaitu 60 persen digunakan untuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier sedangkan tujuan penggunaan responden pengguna kartu kredit syariah dengan persentase 40 persen digunakan untuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Article Details

How to Cite
Syifa, S., Muhlisin, S., & Hasbi, S. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN KARTU KREDIT KONVENSIONAL DAN KARTU KREDIT SYARIAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF TUJUAN PENGGUNAAN. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.30997/jn.v5i1.1846
Section
Articles

References

Almizan. (2016). Konsumsi menurut Ekonomi Islam dan Kapitalis. Al Masraf (Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan) Volume 1, Nomor 1, Januari-Juni, 15.
Andespa, R. (2016). . Strategi Industri Perbankan di Sumatra Barat: Pemilihan Segmentasi Pasar untuk menciptakan Pelayanan yang memuaskan. Maqdis: Kajian Ekonomi Islam, Volume 1, Nomor 1, Januari-Juni, 44-49.
Aryani, R. M. (2014). Peranan Kartu Plastik (Plastic Card) Dalam Bisnis. Jurnal Ekonomi Volume 2, Nomor 2, Januari-April, 117.
Elvira, R. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Muslim terhadap Maslahah terhadap Keputusan Konsumsi terbatas hanya pada Komoditas Halal. Manhaj, Volume 2, Nomor 2, Mei-Agustus, 180.
Handayani, R. P. (2013). Analisis Persepsi Masyarakat Kota Bogor terhadap Wakaf Tunai. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Bsinis Syariah Universitas Djuanda.
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, Volume 8, Nomor 1, Mei, 68.
Ilyas, R. (2016). Etika Konsumsi dan Kesejahteraan dalam perspektif Ekonomi Islam. At-Tawassuth, Volume 1, Nomor 1, 167-169.
Iqbal, M. (2012). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional. Jurnal Episteme, Volume 7, Nomor 2, Desember, 338.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, Volume 5, Nomor 1, Mei, 38.
Lestari, B. A., Suharjo, B., & Muflikhati, I. (2017). Minat Kepemilikan Kartu Kredit (Studi Kasus Kota Bogor). Jurnal: Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Volume 3, Nomor 1, Januari, 144.
Lubis, A. F., & Lubis, I. (2012). Analisis Perilaku Masyarakat Muslim Terhadap Penggunaan Kartu Kredit di Kota Medan. Ekonomi dan Keuangan, Volume 1, Nomor 1, Desember, 23.
Nasution, B. (2013). Sistem Koordinasi antara Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam Pengawasan Bank setelah Lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Otoritas Jasa Keuangan . Transparency Jurnal Hukum Ekonomi, Volume 1, Nomor 2, Februari-Mei, 5.
Nurhayati. (2008). Studi Perbandingan Metode Sampling antara Simple Random dengan Stratified Random. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, Volume 3, Nomor 1, Mei, 39.
Pujiono, A. (2005). Islamic: Credit Card (Suatu Kajian terhadap Sistem Pembayaran Islam Kontemporer). Dinamika Pembangunan, Volume 2, Nomor 1, Juli, 67.
Pujiono, A. (2006). Teori Konsumsi Islam. Dinamika Pembangunan, Volume 3, Nomor 2, Desember, 198-200.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium, Volume 5, Nomor 9, Januari-Juni, 6-9.
Sarwono. (2009). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Inovasi pertanian, Volume 8, Nomor 1, , 46.
Setiawati, M. G. (2015). Analisis Sistem Informasi Aplikasi Online Kartu Kredit Menggunakan Metode SERQUAL (Studi Kasus ANZ Bank). Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, Volume 6, Nomor 2, ISSN 2085-4811, September, 108.
Subandi. (2011). Deskriptif Kualitatif sebagai satu metode dalam pertunjukan. Jurnal Harmonia, Volume 11, Nomor 2, Desember, 176.
wadiah, s., & Trihatana, R. (2015). Analisis Penerapan Good Corporate Governance pada Bank Umum Syariah berdasarkan peraturan Bank Indonesia No.11/33/PBI/2009. Jurnal Nisbah, Volume 1, Nomor 2, Desember, 102.
Yusuf, A. (2011). Perbandingan Kartu Kredit dan Kartu Kredit Berbasis Syariah Di Indonesia. Jurnal Al-Iqtishad, Volume III, Nomor 2, Juli, 255-262.
Zaharman. (2016). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional . Ilmiah Ekonomia dan Bisnis EISSN:2442-9813 ISSN: 1829-9822, Volume 14, Nomor 2, September, 249.