PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SOLIDARITAS ANGGOTA SCOOTER MODS BOGOR INDONESIA

Main Article Content

Novanda Agung Pradipto
Sukarelawati Sukarelawati
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif dalam mencapai kesadaran serta solidaritas, dan apakah ada pengaruh antar komunikasi persuasif terhadap solidaritas anggota Scooter Mods Bogor Indonesia mecapai tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan asosiatif, yaitu penelitian yang diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif berada pada skor 4,33 yang artinya berada pada klasifiaksi penilaian Sangat Baik dan untuk solidaritas berada pada skor 4,52 yang artinya berada pada klasifikasi Sangat Baik, sedangkan nilai korelasi antara variable komunikasi persuasif dengan solidaritas adalah sebesar 0,646. Jika berdasarkan interpretasi koefisien termasuk dalam kategori Kuat. Solidaritas dipengaruhi oleh komunikasi persuasif sebesar 41,73 %, dan 58,27 % oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Kata Kunci : Solidaritas, scooter, Komunikasi Persuasif

Article Details

How to Cite
Pradipto, N. A., Sukarelawati, S., & Kusumadinata, A. A. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SOLIDARITAS ANGGOTA SCOOTER MODS BOGOR INDONESIA. URNAL OMUNIKATIO, 3(2). https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.915
Section
Articles

References

Hadari N. 2001. Penelitian Terapan. Yogyakarta (ID) : Gajah Mada Uiversity Press.
Johnson DP. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid I. Jakarta (ID): PT Gramedia.
Lawang RMZ. 1985. Pengantar Sosiologi. Jakarta (ID): Karunika.
Nuryanto MRB. 2014. Studi Tentang Solidaritas Sosial Di Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Kasus Kelompok Buruh Bongkar Muatan). eJournal Konsentrasi Sosiologi; 2 (3):53-63.
Rahmawan SH. 2014. Pengaruh Komunikasi Persuasif Terhadap kesadaran Pajak Pedagang Di Pasar Rangkas Bitung [Skripsi]. Banten (ID): Universitas Sultan Ageng Tirtyasa.
Ritonga MJ. 2005. Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta (ID): Indeks. Riwayadi S dan Suci NA. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya (ID): Sinar Terang.
Sugiyono. 2009a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung (ID). Alfabeta.
Sugiyono. 2013b. Metode Penelitian Sosial. Bandung (ID). Alfabeta. Taryanto HS. 2012 Satu Vespa Sejuta Saudara: Nilai-Nilai, Solidaritas, dan Kreativitas Komunitas Vespa Apa Aja Boleh dalam Menciptakan Vespa Ekstrim [Skripsi]. Depok. (ID) : Universitas Indonesia.
Wenger E, McDermott R. Snyder W. 2002. Cultivating Communities of Practice. Massachusetts (USA). Harvard Business School Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>