MOTIF KOMUNIKASI FOLLOWERS AKUN TWITTER @RADENRAUF DALAM MENGGUNAKAN TAGAR #LOVESTORY

Main Article Content

Muhamad Imam Sobari
Mayasari
Nurkinan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak ada habisnya yang memberikan perubahan signifikan bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah media sosial sebagai tempat untuk mencari informasi atau bahkan berkeluh kesah. Hadirnya media sosial juga dimanfaatkan oleh salah seorang influencer ternama yakni Raden Rauf untuk membuat konten biro jodoh online dengan tagar #LoveStory di media sosial Twitter nya @radenrauf yang berlangsung setiap malam minggunya mulai pukul 19.00 WIB. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui motif followers akun twitter @radenrauf dalam menggunakan tagar #LoveStory. Peneliti memilih metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teori Fenomenologi Alfred Schutz. Subjek pada penelitian berjumlah enam orang informan yang merupakan pengikut (followers) @radenrauf dan menggunakan tagar #LoveStory minimal sebanyak lima kali. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ditemukan ragam motif pengikut menggunakan tagar #LoveStory @radenrauf di Twitter diantaranya seperti rasa iseng mencari hiburan, mencari followers, memperoleh relasi pekerjaan dan bahkan agar bisa move on dari masa lalu. Peneliti juga menemukan kebaruan yang mana tagar #LoveStory menjadi fenomena baru dalam hal mencari jodoh di dunia maya selain menggunakan Aplikasi Online Dating.

Article Details

How to Cite
Sobari, M. I., Mayasari, & Nurkinan. (2023). MOTIF KOMUNIKASI FOLLOWERS AKUN TWITTER @RADENRAUF DALAM MENGGUNAKAN TAGAR #LOVESTORY. JURNAL KOMUNIKATIO, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.30997/jk.v9i1.7651
Section
Articles

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2020. “Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]”. https://apjii.or.id/survei. Diakses pada 14 Maret 2022.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, Dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjajaran.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. 2009. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Eriyawati, Agnita, Mayasari Mayasari, and M. Ramdhani. 2020. “Pengaruh YouTube Atta Halilintar Terhadap Motivasi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 5(2): 139.

Sipahutar Celvin, Poerna Ana, Nurkinan. 2020. “Pengalaman Komunikasi Curhat Anonim Bagi Followers @18Autobase Di Twitter .” Lensa Mutiara Komunikasi 4(Nomor 2): 1–19. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1414.

Sukrillah, Ahmad, Ike Atikah Ratnamulyani, and Ali Alamsyah Kusumadinata. 2018. “Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi.” Jurnal Komunikatio 3(2): 95–104.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.