ANALISIS KOMUNIKASI PARTISIPASI POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Ali Alamsyah Kusumadinata
Maria Fitriah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola komunikasi yang terjadi di lingkungan posdaya serta bagaimana pengembangan posdaya kedepannya sehingga dapat dijaga keberberlangsungannya. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Bogor yang merupakan binaan Posdaya IPB.   Metode penelitia ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan penggalian data dengan menggunakan FGD di Posdaya Sejahtera Bubulak serta menggunakan observasi mendalam terhadap kegiatan lingkup posdaya.  Hasil penelitian menunjukkan adalah kegiatan posdaya yang dilakukan adalah kegiatan berdasarkan pada kebutuhan yang didasarkan di masayarakat.  Pola komunikasi yang dibangun adalah komunikasi yang personal dan persuasif dalam membangun pemberdayaan dan kemampuan masyarakat.  Posdaya merupakan media masyarakat dari beberapa kegiatan yang  baik berupa lingkup ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.  Posdaya mampu membangun masyarakat lebih menggali potensi sehingga keberlangsungan posdaya terletak di tangan para pengurus posdaya sendiri.

 

Kata Kunci : pola komunikasi, komunikasi persuasif, pengurus posdaya

 

 

Article Details

How to Cite
Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. (2017). ANALISIS KOMUNIKASI PARTISIPASI POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) DI KOTA BOGOR. JURNAL KOMUNIKATIO, 2(2). https://doi.org/10.30997/jk.v2i2.215
Section
Articles

References

Asripah S. 2013. Peranan Posdaya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Masyarakat. Jurnal IKIP Veteran Semarang, 78- 87.
Levis LR. 1996. Komunikasi Penyuluhan. Bandung : Citra Adiya Bakti.
Muljono P, Bakhtiar MY, Mintarti dan MHK PD. 2014. 101 Cara Mengenal Posdaya. Bogor: IPB Press.
Muljono P. 2013. The Role of Posdaya in Shapping Community Empowerment : Case Study at Cikarawang Village, Bogor, Indonesia. Asian Journal of Humanities and Social Studies (ISSN: 2321-2799) Volume 01-Issue 05, December.: 225- 232.
Pamungkas RD dan Marhaeni DP. 2013. Komunikasi Internal Departemen Community Relations Dalam Penyusunan Program Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) Pada PT. Holcim Indonesia Tbk-Cilacap Lant .Acta Diurna, Vol 9. No. 1. 39-46.
Pratidina G, Kardaya D, Permadi. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan KKN Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA). Media Pengabdian Kepada Masyarakat Qardhul Hasan ISSN 2442-3726, 1(1): 66-76.
Rahim SA. 2004. Participatory Development Communication as a Dialogical Process. Dalam White SA (ed) Participatory Communication Working for Change and Development. London: Sage Publication Ltd. Sofiandi M dan Suyanto. 2013. Strategi Pemberdayaan Posdaya Edelwys. Jurnal PMI Vol X. No 2. Maret 2013: 3346.
Suyono H dan Haryanto R. 2009. Buku Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Jakarta: Balai Pustaka. Yin RK. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metoda. Jakarta: PT Raja Grafita Persada.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>