PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN
Main Article Content
Abstract
Berkembangnya media saat ini merupakan salah satu wujud era reformasi dan keterbukaan informasi. Penemuan fungsi komunikasi yang super canggih dijuluki berbagai nama antara lain internet, media komunikasi maya, media superhighway dan semacamnya. Salah satu media komunikasi yang populer saat ini adalah whatsapp yang dapat digunakan untuk berbagi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media komunikasi whatsapp di PT. XX. (2) mengetahui pengaruh penggunaan media komunikasi whatsapp di PT. XX. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanitif (analitik) dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearmans, populasi dan sempelnya adalah karyawan PT. XX. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media komunikasi whatsapp di PT. XX. sudah sangat baik dan dapat membantu dalam peningkatan efektivitas kinerja. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara media sosial dan kinerja karyawan.
Article Details
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Arifin HF. 2015. Pengaruh Whatsapp Terhadap Perilaku Tertutup Mahasiswa (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIKOM Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta Angkatan 2014). Yogyakarta : Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.
Bernardin, Rusell. 2006. Pinter Manajemen, Aneka Pandangan Kontemporer.Alih Bahasa Agus Maulana. Jakarta (ID): Binarupa Aksara.
Cangara H. 2016 Pengantar Ilmu Komunikasin. Edisi 2. Jakarta (ID) : PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy OU. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung (ID) :PT. Remadja Rosdakarya.
Fajri, Senja. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta (ID) : Difa Publiser.
Kosasih N, Budiani S. 2007. Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan:Studi Kasus Departemen Front Office Surabaya Plaza Hotel. Management Perhotelan 3 (2): H.81
Kriyantono R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta (ID): Kencana Pernada Media Group.
Mangkunegara AP. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nitisusastro M. 2012. Perilaku Konsumen. Bandung (ID) : Alfabeta.
Jati PP. 2016. Analisa Pengaruh Aplikasi Whatsapp Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. First Position Group, sistem informasi. Jakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri.
Kusuma AC. 2013. Analisis Pengaruh Komunikasi Efektif terhadap Kinerja Karyawan PT. Mitra Makmur Industri. Alih Jenis Manajemen. [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.
Rijallahudin, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2016. Pengaruh Penggunaan Layanan Aplikasi Digital Googel Play Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Responden. Jurnal Komunikatio 2(2): 135-146.
Rohmadi A. 2016. Tips Produktif Ber-social Media. Jakarta (ID): Gramedia.
Rusni A . 2017. Penggunaan Media Online Whatsapp dalam Aktivitas Komunitas One Day One Juz (ODOJ) dalam Meningkatkan Minat Tilawah ODOJER di Kota Pekanbaru. [Skripsi]. Riau: Jurusan Ilmu Komunikasi-Konsentrasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Riau.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung (ID) : CV. Alfabeta..
Suharshimi A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta (ID): Rineka Cipta.
Sukrillah A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio 3(2): 95-104.
Tubb SL, Moss S. 2008. Humann Communication (Prinsip-Prinsip Dasar). Badung (ID) : PT. Remadja Rosdakarya.
Yudhianto. 2017. Penggunaan Whatsapp Kian Mencengangkan. DetikInet, hlm. 1. http://inet.detik.com/cyberlife/. Diambil tanggal 30 Juli 2017.
Wahyuni YL. 2016. Efektifitas Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp (Studi Terhadap Group KPI 2012 Di Whatsapp Pada Mahasiawa KPI Angkatan 2012). Yogyakarta (ID): Universitas Islam Negeri Sunan Kalijada Yogyakarta.
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta (ID): Salemba Empat.