IMPLEMENTASI MODUL TENTANG KITA TERHADAP PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA

Penulis

  • Saiful Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
  • Samsul Ode Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.8551

Kata Kunci:

Implementasi Kebijakan, Kehidupan Berkeluarga, Program “Tentang Kita", Remaja

Abstrak

Penelitian ini membahas implementasi program Tentang Kita untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja usia 15-24 tahun di Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta tahun 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program “Tentang Kita” dalam mempersiapkan remaja untuk kehidupan berkeluarga oleh Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta tahun 2021-2022 sebagian besar telah berhasil dilaksanakan, terlihat dari penurunan pernikahan dini di Provinsi DKI Jakarta tahun 2021-2022. Komunikasi dalam hal sosialisasi berjalan dengan baik dan intensitas komunikasi juga dimaksimalkan. Sumber daya termasuk SDM pelaksana program sejalan dengan luasnya cakupan wilayah sasaran program di Provinsi DKI Jakarta, sedangkan sarana dan dana masih belum memadai untuk mendukung proses pelaksanaan program “Tentang Kita”. Sikap pegawai Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta baik dan prosedur operasional yang digunakan penyelenggara mudah dipahami.

Referensi

Andriani, Rina., Suhrawardi., Hapisah. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dengan Perilaku Seksual Pranikah. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2 No.10 Maret 2022.

Anwa, Zainul Anwar., Maulida Rahmah. (2016). Psikoedukasi Tentang Resiko Perkawinan Usia Muda Untuk Menurunkan Intensi Pernikahan Dini Pada Remaja. Psikologia (Jurnal Psikologi), 1 (1), July 2016, 1-14.

Akib, Haedar. (2010). “Implementasi Kebijakan: apa, Mengapa dan Bagaimana”. Dalam Jurnal administrasi Publik Vol. 1 No. 1, Tahun 2010. hal. 1-11

Friskarini, K., Sahat, H., Manalu, P., Upaya, P., & Masyarakat, K. (2016). Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (Pkpr) Di Tingkat Puskesmas DKI Jakarta. Indonesian Journal of Health Ecology, 15(1), 66–75.

Jannah, M. (2016). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(1), 2503–3611.

Mulyawan, B., & Mailiyatuzzahro, N. (2021). View of Implementasi Program Generasi Berencana Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Aspirasi.

Nurhayati, F., Ramdhini, A. K., & Endah, S. N. (2022). The effect of the application of the “Tentang Kita” module on the knowledge, attitude and motivation of peer educators at PIK-R IKIP Siliwangi, Cimahi City. Science Midwifery, 10(5), 4265–4271.

Ode, S., Wijayanto, H., Padmi, M. F. M., & Agustin, D. A. C. (2022). Penguatan Kapasitas Pemuda di Masa Pandemic Covid-19 Secara Berkelanjutan di Wilayah Jakarta Utara. Berdikari, 5(1), 82–91.

Ginung Pratidina, Rita Rahmawati, Hermawan, A., & Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Zakat, Infak, And Sedakah Policy Program By Forum Zis. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 154–162.

Permatasari, D., & Suprayitno, E. (2020). Implementasi Kegiatan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya dalam Upaya Pencegahan Triad KRR di Pusat Informasi dan Konseling Remaja. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(1), 143–150.

Purwanto, E. A. R., & Sulistyastuti. (2012). Implementasi kebijakan publik : konsep dan aplikasinya di Indonesia / Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Gava Media. https://opac. perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=822629

Ramdhani, A., Muhammad, & Ramdhani, A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 1–12. https://journal. uniga.ac.id/index.php/JPB/article/view/1

RATNASARI, A. (2017). Implementasi Program Generasi Berencana (Genre) Dalam Menyiapkan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja. Public Corner, 12(2), 37–47.

Utami, D. D. Y. (2015). Penyuluhan Program BKKBN Mengenai Generasi Berencana (GenRe) dan Sikap Remaja. Jurnal Simbolika, 1(2), 199–210.

Yulianti, D. (2017). Program Generasi Berencana (Genre) Dalam Rangka Pembangunan Manusia Menuju Pembangunan Nasional Berkua-Litas. Jurnal Analisis Sosial Politik, 1(2), 93–108.

Wahab, S. A. (2011). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press.

Wahyudin, C. (2022). Implementation of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services in the Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.

Internet

Bangga Kencana. (2021). Workshop “Tentang Kita”, Kaper BKKBN Jatim: Remaja Harus Dipersiapkan Sejak Dini Untuk Jadi Pemimpin - Bangga Kencana. Banggakencana.Id. https://bangga kencana.id/2021/05/19/workshop-tentang-kita-kaper-bkkbn-jatim-remaja-harus-dipersiapkan-sejak-dini-untuk-jadi-pemimpin/

BKKBN. (2021). Modul “Tentang Kita”, Pegangan Baru Konselor Sebaya PIK Remaja – BKKBN | Jateng. Bkkbn.Go.Id. https://jateng.bkkbn.go.id/?p=2138

bps.go.id. (2019). Proporsi Perempuan Umur 20-24 Tahun Yang Berstatus Kawin Atau Berstatus Hidup Bersama Sebelum Umur 18 Tahun Menurut Provinsi (Persen), 2019-2021. In Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/ indicator/40/1360/1/proporsi-perempuan-umur-20-24-tahun-yang-berstatus-kawin-atau-berstatus-hidup-bersama-sebelum-umur-18-tahun-menurut-provinsi.html

Genre Indonesia. (2020a). Materi – GenRe Indonesia. Genre.Id. https://genre.id/ Artikel/materi/

Genre Indonesia. (2020b). Tentang Kita: Berkolaborasi – GenRe Indonesia. Genre.Id. https://genre.id/materi/ tentang-kita-berkolaborasi/

Kinanti, A. (2022). Meaningful Youth Participation, Saatnya Anak Muda Melibatkan Diri! - RISE Foundation Indonesia. Rise Indonesia. https://rise-indonesia.org/ meaningful-youth-participation-saatnya-anak-muda-melibatkan-diri/

Melsasail, P. I. (2021). BKKBN Gelar Workshop “Tentang Kita” Bagi Pengelola PIK-R di Kota Ambon. Tribun Maluku. https://www.tribun-maluku. com/bkkbn-gelar-workshop-tentang-kita-bagi-pengelola-pik-r-di-kota-ambon/05/22/

SDGs. (2022). Apa itu Meaningful Youth Participation (MYP)? - SDGs Youth Hub. https://sdgsyouthhub.id/berita-blog/blog/apa-itu-meaningful-youth-participation-myp/

Diterbitkan

2024-04-04

Cara Mengutip

Saiful, & Ode, S. (2024). IMPLEMENTASI MODUL TENTANG KITA TERHADAP PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA. Jurnal Governansi, 10(1), 15–24. https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.8551
Abstrak viewed = 11 times