STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH (ZIS)

Penulis

  • Sabilla Khumaira Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ike Rachmawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Tuah Nur Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.7466

Kata Kunci:

Badan Amil Zakat (BAZNAS), zakat, Infaq, Shadaqah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meningkatkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS)di Kabupaten Sukabumi, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat proses pengumpulan tersebut. Penelitian ini dipicu oleh ketidakcapaian target pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah, karena banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui bahwa BAZNAS telah menyediakan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di setiap kecamatan, yang mengakibatkan keengganan mereka untuk membayar zakat secara langsung kepada BAZNAS. Dalam rangka memahami fenomena ini, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang memungkinkan peneliti untuk menggali informasi yang sebenarnya ditemukan di lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi di lokasi, serta melalui dokumentasi dan peraturan yang relevan dengan masalah penelitian. Penelitian ini berfokus pada teori strategi yang digagas oleh Dess and Miller (2003), yang mencakup dimensi sasaran-sasaran, kebijakan, dan rencana-rencana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa BAZNAS Kabupaten Sukabumi memiliki tujuan untuk meningkatkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah, meskipun sebagian besar masyarakat lebih suka menyalurkannya langsung kepada penerima manfaat (mustahiq). Oleh karena itu, penelitian menyarankan perlu untuk mengoptimalkan kembali kebijakan yang sudah ada dan merancang strategi pengumpulan yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Referensi

Iqbal, Muhamad. (2019). “Analisis Hukum Zakat dalam Konteks Hukum Nasional”. 20 (½):36-38.

Mubarok. (2017). “Strategi Pemasaran Berbasis Prinsip Islami untuk Meningkatkan Penjualan di Butik Calis”. Jurnal I-Economic,3(1).

Pratidina, G., Rahmawati, R., & Hermawan, A. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH OLEH FORUM ZIS KECAMATAN CICURUG. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 154-162.

Rais, Isnawati. (2009). “Muzakki dan Kriteria Muzakki Menurut Perspektif Fikih Zakat”. Jurnal Al-Iqtishad, 1(1): 92-106.

Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.

Buku

Amirulloh, dkk. (2021). Panduan Ristik, Seminar, Komprehensif, Skripsi, dan Publikasi Ilmiah (Untuk Kurikulum MBKM). Sukabumi: UMMIPress.

Badan Statistik Kabupaten Sukabumi. (2020). Data Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sukabumi.

Creswell, W. John. (2019). Metode Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Gabungan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

David, R. Fred. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: Indeks.

Direktorat Urusan Agama Islam, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Haji, Depertemen Agama Republik Indonesia. (1994). Motivasi Zakat. Jakarta: Depag RI.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. (2013). Direktorat Pemberdayaan Zakat. Membangun Perspektif Pengelolaan Zakat Nasional. Direktorat Pemberdayaan Zakat.

Fajriansyah, R. dan Isniati. (2019). Manajemen Strategis: Intisari Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi.

Fauzia, Amelia. (2016). Konsep Filantropi dalam Islam. Yogyakarta: Gading Publishing.

Hafidhuddin, Didin. (1998). Panduan Praktis Zakat, Infaq, dan Sedekah. Jakarta: Gema Insani Press.

Hafidhuddin, Didin. (2002). Zakat dalam Konteks Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani Press.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rencana Strategis 2021-2025 Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi.

Saladin, Djaslim. (2004). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Bandung: Linda Karya.

Salusu. (2015). Pengambilan Keputusan Strategis untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non-Profit. Jakarta: Grasindo.

Sedarmayanti. (2018). Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Siagian, P. Sondang. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajriansyah, R. dan Isniati. (2019). Manajemen Strategis: Intisari Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Website

Alasan Berzakat melalui Baznas https://baznas.go.id/artikel/baca/4_Alasan_Berzakat_Melalui_Lembaga/3 diakses pada 20 Desember 2021

Jumlah penduduk muslim Indonesia https://ibtimes.id/data-populasi-penduduk-muslim-2020-indonesia-terbesar-di-dunia/ Diakses pada 18 November 2021

Jumlah penduduk muslim di Jawa Barat https://opendata.jabarprov.go.id/ diakses pada 31 Desember 2021

Diterbitkan

2023-10-04

Cara Mengutip

Khumaira, S., Ike Rachmawati, & Tuah Nur. (2023). STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH (ZIS). Jurnal Governansi, 9(2), 163–171. https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.7466
Abstrak viewed = 26 times