PENERAPAN MODEL TATA KELOLA DIGITAL PADA PELAYANAN PUBLIK DARING

Penulis

  • Eko Prasetyo Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Thita M. Mazya Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Nissa Nurimani Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.7448

Kata Kunci:

Model Tata Kelola Digital, Pelayanan Publik Daring, Tata Kelola

Abstrak

Pemerintah Kota Cilegon telah memberikan pelayanan publik secara daring bagi warganya. Hal tersebut dilakukan sebagai konsekuensi dari penerapan konsep smart city. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model penerapan tata kelola digital pada pelayanan publik secara daring yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon. Masalah yang ditemukan adalah pelayanan publik yang dilakukan secara daring belum terintegrasi dalam satu platform, dan belum semua organisasi perangkat daerah memberikan pelayanan daring yang interaktif, melainkan masih bersifat satu arah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan penelitian terhadap 27 website organisasi perangkat daerah termasuk website Pemerintah Kota Cilegon, dan wawancara dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tata kelola digital yang digunakan pada website pelayanan publik Kota Cilegon adalah model broadcasting, namun pemenuhan kriteria penerapan model tata kelola digital broadcasting pada pelayanan publik secara daring rata-rata hanya 55,4%. Sedangkan untuk model tata kelola digital lainnya penerapannya belum terdapat bukti yang signifikan. Dengan demikian, website pelayanan publik di Kota Cilegon masih bersifat pemberian informasi satu arah dari area publik ke area yang lebih luas serta belum terjadi partisipasi dan interaksi yang intensif dengan warga

Biografi Penulis

Thita M. Mazya, Universitas Islam Syekh Yusuf

Peneliti dan dosen pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Syekh Yusuf

Referensi

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. - Google Books.” Prenada Media

Albino, Vito, Umberto Berardi, and Rosa Maria Dangelico. 2015. “Smart Cities: Definitions, Dimensions, Performance, and Initiatives.” Journal of Urban Technology 22(1).

Caird, S. 2016. “Communication on Smart City Evaluation and Reporting In UK Cities: Pilots, Demos and Experiments Case.” Smart Cities in Smart Regions.

Caragliu, Andrea, and Chiara F. Del Bo. 2019. “Smart Innovative Cities: The Impact of Smart City Policies on Urban Innovation.” Technological Forecasting and Social Change 142.

Erkut, Burak. 2019. “From Digital Government to Digital Governance.” In Proceedings of the European Conference on E-Government, ECEG,.

Githa Girindra, Ida Ayu, Ida Ayu Putu Sri Widnyani, and Nyoman Diah Utari Dewi. 2021. “OPTIMALISASI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH BERBASIS COLLABORATIVE GOVERNANCE ( STUDI PADA DINAS KOTA MALANG ).” Jurnal Widya Publika 9(1): 15–35.

Hadi, Krishno, Listiana Asworo, and Iradhad Taqwa. 2020. “Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik Yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online).” Journal of Government and Civil Society 4(1).

Khairunnisa, Khairunnisa, and Sri Wasiyanti. 2018. “PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DEPOK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0.” Swabumi 6(1): 35–43.

Lebiedzik, Marian. 2020. “Application of the Global Concept of ‘Smart City’ at the Local Level of the Karvina District.” Sustainability (Switzerland) 12(17).

Luna, Dolores E., Abel Duarte-Valle, Sergio Picazo-Vela, and Luis F. Luna-Reyes. 2015. “Digital Governance and Public Value Creation at the State Level.” Information Polity 20(2–3).

Maruapey, M. Husein. 2019. “URGENSI TATA KELOLA INOVASI PEREKAMAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN.” Jurnal Governansi 5(1).

Milakovich, Michael E. 2021. Digital Governance: Applying Advanced Technologies to Improve Public Service Digital Governance: Applying Advanced Technologies to Improve Public Service.

Muliawaty, Lia, and Dyah Bayu Framesthi. 2020. “Ethics of Public Administration in the Era of Technology Disruption and Government Innovation.” Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan 10(2).

Nath, Vikas. 2019. “Digital Governance Models: Towards Empowerment and Good Governance in Developing Countries.” In Localizing the Internet,.

OECD Comparative Study. 2016. “Digital Government Strategies for Transforming Public Services in the Welfare Areas.” Oecd.

Pereira, A. C., and F. Romero. 2017. “A Review of the Meanings and the Implications of the Industry 4.0 Concept.” Procedia Manufacturing 13: 1206–14.

Pereira, Gabriela Viale, Peter Parycek, Enzo Falco, and Reinout Kleinhans. 2018. “Smart Governance in the Context of Smart Cities: A Literature Review.” Information Polity 23(2).

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. - Google Books.” Prenada Media.

Ślusarczyk, Beata, and Adnan Ul Haque. 2019. “Public Services for Business Environment: Challenges for Implementing Industry 4.0 in Polish and Canadian Logistic Enterprises.” Administratie si Management Public 2019(33).

Syaban, I, N N Mewengkang, and A Golung. 2018. “Peranan Penggunaan Website Sebagai Media Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara.” Acta Diurna Komunikasi 7(4): 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22012.

Widiyastuti, ST., MT, Inasari, Daru Nupikso, Novian Anata Putra, and Vieka Aprilya Intanny. 2021. “Smart Sustainable City Framework: Usulan Model Kota Cerdas Yang Berkelanjutan Dan Integratif.” Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan) 22(1).

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Prasetyo, E., M. Mazya, T., & Nurimani, N. (2023). PENERAPAN MODEL TATA KELOLA DIGITAL PADA PELAYANAN PUBLIK DARING. Jurnal Governansi, 9(2), 81–94. https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.7448
Abstrak viewed = 70 times