STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH (ZIS)
DOI:
https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.7466Kata Kunci:
Badan Amil Zakat (BAZNAS), zakat, Infaq, ShadaqahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meningkatkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS)di Kabupaten Sukabumi, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat proses pengumpulan tersebut. Penelitian ini dipicu oleh ketidakcapaian target pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah, karena banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui bahwa BAZNAS telah menyediakan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di setiap kecamatan, yang mengakibatkan keengganan mereka untuk membayar zakat secara langsung kepada BAZNAS. Dalam rangka memahami fenomena ini, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang memungkinkan peneliti untuk menggali informasi yang sebenarnya ditemukan di lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi di lokasi, serta melalui dokumentasi dan peraturan yang relevan dengan masalah penelitian. Penelitian ini berfokus pada teori strategi yang digagas oleh Dess and Miller (2003), yang mencakup dimensi sasaran-sasaran, kebijakan, dan rencana-rencana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa BAZNAS Kabupaten Sukabumi memiliki tujuan untuk meningkatkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah, meskipun sebagian besar masyarakat lebih suka menyalurkannya langsung kepada penerima manfaat (mustahiq). Oleh karena itu, penelitian menyarankan perlu untuk mengoptimalkan kembali kebijakan yang sudah ada dan merancang strategi pengumpulan yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
Referensi
Iqbal, Muhamad. (2019). “Analisis Hukum Zakat dalam Konteks Hukum Nasional”. 20 (½):36-38.
Mubarok. (2017). “Strategi Pemasaran Berbasis Prinsip Islami untuk Meningkatkan Penjualan di Butik Calis”. Jurnal I-Economic,3(1).
Pratidina, G., Rahmawati, R., & Hermawan, A. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH OLEH FORUM ZIS KECAMATAN CICURUG. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 154-162.
Rais, Isnawati. (2009). “Muzakki dan Kriteria Muzakki Menurut Perspektif Fikih Zakat”. Jurnal Al-Iqtishad, 1(1): 92-106.
Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.
Buku
Amirulloh, dkk. (2021). Panduan Ristik, Seminar, Komprehensif, Skripsi, dan Publikasi Ilmiah (Untuk Kurikulum MBKM). Sukabumi: UMMIPress.
Badan Statistik Kabupaten Sukabumi. (2020). Data Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sukabumi.
Creswell, W. John. (2019). Metode Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Gabungan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
David, R. Fred. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: Indeks.
Direktorat Urusan Agama Islam, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Haji, Depertemen Agama Republik Indonesia. (1994). Motivasi Zakat. Jakarta: Depag RI.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. (2013). Direktorat Pemberdayaan Zakat. Membangun Perspektif Pengelolaan Zakat Nasional. Direktorat Pemberdayaan Zakat.
Fajriansyah, R. dan Isniati. (2019). Manajemen Strategis: Intisari Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi.
Fauzia, Amelia. (2016). Konsep Filantropi dalam Islam. Yogyakarta: Gading Publishing.
Hafidhuddin, Didin. (1998). Panduan Praktis Zakat, Infaq, dan Sedekah. Jakarta: Gema Insani Press.
Hafidhuddin, Didin. (2002). Zakat dalam Konteks Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani Press.
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rencana Strategis 2021-2025 Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi.
Saladin, Djaslim. (2004). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Bandung: Linda Karya.
Salusu. (2015). Pengambilan Keputusan Strategis untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non-Profit. Jakarta: Grasindo.
Sedarmayanti. (2018). Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Siagian, P. Sondang. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Fajriansyah, R. dan Isniati. (2019). Manajemen Strategis: Intisari Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Website
Alasan Berzakat melalui Baznas https://baznas.go.id/artikel/baca/4_Alasan_Berzakat_Melalui_Lembaga/3 diakses pada 20 Desember 2021
Jumlah penduduk muslim Indonesia https://ibtimes.id/data-populasi-penduduk-muslim-2020-indonesia-terbesar-di-dunia/ Diakses pada 18 November 2021
Jumlah penduduk muslim di Jawa Barat https://opendata.jabarprov.go.id/ diakses pada 31 Desember 2021
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 sabilla khumaira, Ike Rachmawati, Tuah Nur

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Governansi.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Governansi.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.