Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sarijadi Kota Bandung

Penulis

  • Engkus Engkus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2388

Abstrak

Pasar tradisional mempunyai peranan yang sangat strategis dalam peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Namun, saat ini daya saing, keberadaan dan peran pasar tradisional mengalami penurunan seiring dengan pesatnya perkembangan toko modern. Permasalahan yang diteliti adalah revitalisasi pasar tradisional di Pasar Sarijadi Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional, kendala dan upaya dalam kebijakan revitalisasi pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan teori Merilee S. Grindle, bahwa keberhasilan implementasi kebijakan publik dipengaruhi oleh dua variabel yang fundamental, yakni isi kebijakan (content of policy) dan konteks implementasi (context of implementation).  Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen dengan teknik pengambilan sampel purposif. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, dimana komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan secara bersamaan, selanjutnya komponen tersebut berinteraksi untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan yang belum sesuai.

Kata kunci: Kota Bandung, Implementasi Kebijakan, Pasar Tradisional, Revitalisasi.

Biografi Penulis

Engkus Engkus, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung

Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Referensi

Creswell, J. W. (1997). Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. California: SAGE Publications, Inc.
Engkus. (2018). "Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Pasar Tradisional Di Wilayah Metropolitan Bandung Provinsi Jawa Barat". Kelola, 1(1): 105-130.
Engkus. (2019). "Pengaruh Kualitas Pela-yanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi". Jurnal GOVERNANSI, 5(2): 99-109.
Engkus; Suparman, Nanang; Trisakti, Fadjar & Rodhiya, Mohammad Robby. (2019). "Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung". Jurnal GOVERNANSI, 5(1): 24-46.
Imbang, S. (2016). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penda-patan Pedagang Kaki Lima Kota Surakarta Tahun 2015. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Nawawi, I. (2009). Public Policy, Analisis, Strategi Advokasi Teori Dan Praktek. Surabaya: Putra Media Nusantara (PMN).
Rahardjo, M. (2010). "Jenis Dan Metode Penelitian Kualitatif". http://mudjia rahardjo.com/materi-kuliah/215-jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html.
Rais, A. (2007). Pengaruh Air Payau Terhadap Beton Yang Memakai Semen Padang Di Kota Padang Sumatera Barat. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Samuelson, Paul A. & Nordhaus, William D. (2010). Ilmu Ekonomi Mikro. Jakarta: Media Global Edukasi.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparman, N. (2017). "Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Dan Penanaman Modal Kabupaten Cianjur". Jurnal Administration, 13(1): 1-8.

Diterbitkan

2020-04-13

Cara Mengutip

Engkus, E. (2020). Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sarijadi Kota Bandung. Jurnal Governansi, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2388
Abstrak viewed = 806 times